-->

Pengertian, Fungsi dan Cara Penggunaan Unting - Unting atau Bandul Lot

Pengertian, Fungsi dan Cara Penggunaan Unting - Unting atau Bandul Lot -  Unting - unting merupakan salah satu alat pertukangan yang biasa digun akan  untuk mengukur tegaknya suatu benda atau bidang. Ciri utama unting - unting ini adalah terbuat dari besi serta memiliki bentuk prisma dan pada ujungnya terdapat lubang yang nantinya digunakan untuk mengaitkan benang agar dapat dipergunakan.

Bahan untuk membuat unting - unting atau bandul lot ini biasanya dari besi, kuningan serta bahan lainnya. Ukuran dari bandul lot ini ada berbagai maca seperti:
- U1 dengan D= 20 mm
- U2 dengan D= 25 mm
- U3 dengan D= 30 mm
- U4 dengan D= 34 mm
- U5 dngan D= 38 mm

Setelah mengetahui pengertian dari unting - unting atau bandul lot ini, maka apa saja sih fungsi dari alat ini. Berikut ini beberapa fungsi dari uning - unting:
- Untuk mengukur ketegakan bekisting
- Untuk mengukur ketegakan kayu
- Untuk mengukur ketika pembuatan dinding
- dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari unting - unting ini, selanjutnya adalah langkah - langkah dalam menggunakan unting - unting. Berikut ini langkah - langkahnya:

1. Siapkan Alat dan Bahan
Untuk penggunakan unting - unting ini siapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:
- Benang
- Unting - Unting
- Paku
- Palu

2. Ikatkan Tali Pada Unting - Unting
Sebelum digunakan, anda harus memasang tali tersebut pada bagian ujung unting - unting, karena tali inilah nantinya yang difungsikan untuk menggantung unting - unting tersebut.

3. Menentukan Area Pemasangan
Langkah selanjutnya anda harus menentuka area yang akan digunakan untuk memasang unting - unting ini. 

4. Pasang Paku Pada Area Pemasangan
Agar unting - unting dapat digantung, maka anda harus memasang paku pada area tersebut. Pilihlah ukuran paku yang sesuai dengan media yang ada, jangan sampai ukuran paku tersebut justru dapat merusak media yang ada.

Baca Juga:

5. Ikatkan Unting - Unting Pada Paku
Untuk melakukan pengukuran, anda dapat langsung memasang unting - unting yang sudah dipasangi tali tersebut. Adapun cara pemasangannya adalah dengan mengikatlah tali tersebut.

Untuk melakukan pengukuran dengan menggunakan unting - unting ini memang harus mengetahui pengukuran secara detail, agar hasil pengukuran tersebut akurat. Demikian informasi mengenai pengertian, fungsi dan cara penggunaan unting - unting, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan nda tentang cara mengukur dengan unting - unting atau bandul lot.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel