Tips Menggunakan Coating Pernis Batu Alam

Tips Menggunakan Coating Pernis Batu Alam - Sebelum masuk ke dalam penggunakan coating pernis di batu alam, mari kenali dulu apa yang dimaksud dengan pernis batu alam ini. Yang dinamakan coating atau pernis batu alam ini adalah sejenis larutan yang fungsinya untuk di aplikasikan pada permukaan batu alam. Pembuatan larutan ini menggunakan formulasi khusus.

Jenis Coating Batu Alam dan Cara Pemasangannya


Setelah mengetahui apa itu coating atay pernis batu alam selanjutnya adalah apa saja jenis pernis untuk bata alam ini. Berikut ini beberapa jenis coating pernis batu alam:

  • Gloss
Jenis coating batu ala yang pertama adalah gloss, dengan menggunakan jenis coating ini maka ksan yang didapatkan adalah mengkilap pada permukaan batu alam tersebut. Jenis ini termasuk coating yang banyak digunakan karena akan menimbulkan efek basah.

  • Doff
Jenis ini berbeda dengan jenis coating sebelumnya, dengan menggunakan jenis coating doff ini akan membuat permukaan basah namun tidak mengkilap seperti halnya coating gloss. Jika anda ingin batu alam tersebut tetap dan tidak berubah, maka coating cocok untuk digunakan.

  • Hitam
Jenis coating ini biasanya digunakan pada batu alam jenis batu candi, karena batu ini memiliki warna yang hitam serta memiliki pori, sehingg apabila anda menggunakan coating ini maka warna hitam tersebut akan semakin jelas serta tidak akan mengurangi kesan alami pada batu alam tersebut.

  • Andesit
Jenis coating yang satu ini biasanya diaplikasikan pada batuan jenis andesit, hasil yang didapatkan dengan menggunakan coating ini hampir sama seperti gloss namun ada sedikit pebedaan yaitu warna yang dihasilkan sedikit gelap, basah serta mengkilap.

  • Natural
Jenis coating yang terakhir ini adalah dikhususkan batu alam yang memiliki warna putih, coating ini dapat anda gunakan apabila ingin menimbulkan kesan alami artinya tidak merubah warna lainnya. Tujuan utama penggunaan coating jenis natural ini adalah untuk melindungi dari lumut, air serta kotoran lainnya. 

Setelah mengetahui jenis dari coating batu alam, maka selanjutnya adalah bagaimana cara mengaplikasikan coating tersebut, Adapun langkah - langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan Area yang Akan di Pasangi Coating
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengen membersihkan area yang nantinya akan dipasangi coating ini, untuk membersihkannya cukup mudah yaitu dengan mencucinya dengan air atau anda juga dapat melakukan pengelapan.

2. Siapkan Alat dan Bahan
Langkah selanjutnya anda harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang coating di batu alam ini. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Kuas
- Wadah
- Lap

3. Aplikasikan Coating Pertama
Jika semua sudah siap, maka anda dapat mengaplikasina coating untuk pertama kali, untuk proses ini anda dapat menggunakan bantuan kuas. Tunggulah hingga lapisan pertama ini kering baru anda lanjutkan proses selanjutnya.

4. Aplikasikan Coating yang Kedua
Jika lapisan pertama sudah kering, maka anda dapat mengaplisikan coating yang kedua. Pada proses ini akan membuat hasilnya lebih maksimal. Pastikan dalam pemberian coating ini merata ke seluruh area pemasangan.

5. Proses Finishing
Setelah semua area sudah diberikan coating, pada proses finishing ini anda dapat merapikan sisa - sisa ketika proses pemasangan. Anda dapat membersihkan sisa - sisa coating tersebut dengan cara pengelapan.

Baca Juga:

Jadi, apabila anda banyak menggunakan batu alam ini di rumah, maka sebaiknya berikanlah lapisan coating ini. Selain dapat mempercantik batu alam itu sendiri juga dapat melindungi batu alam dari debu, kotoran yang menempel.

Demikian informasi mengenai tips menggunakan  coating pernis batu alam, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memasang coating di batu alam, cara pemasangan coating di batu alam, cara merawat batu alam di sebuah rumah.