Beginilah Caranya Menghilangkan Kerak di Aquarium

Beginilah Caranya Menghilangkan Kerak di Aquarium - Aquarium merupakan salah satu media dimana kita dapat mempelihara ikan di rumah, bukan hanya itu saja. Aquarium juga dapat dijadikan desain interior rumah. Namun ketika anda memutuskan untuk memiliki aquarium, maka anda juga harus melakukan perawatan secara rutin. Karena jika tidak, aquarium tersebut tentunya dapat menjadi kotor dan tidak enak dipandang, bukan hanya itu saja kerak lama kelamaan akan menempel di aquarium tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan kerak di aquarium dengan mudah. Namun sebelum masuk ke dalam proses pembersihan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut:
- Kain Lap
- Grenjeng Besi
- Cairan Pembersih Kloset
- Sarung Tangan

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pembersihan ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Kuras Aquarium Terlebih Dahulu
Sebelum proses pembersihan, keluarkan isi yang terdapat di dalam akuairum. Karena hal ini akan menggangu ketika proses pembersihan.

2. Bawa Aquarium di Tempat yang Nyaman
Setelah itu bawalah akuarium tersebut di tempat yang nyaman agar proses pembersihan dapat berjalan lancar dan dengan hasil yang maksimal.

3. Pakai Sarung Tangan Terlebih Dahulu
Agar aman, pakailah sarung tangan terlebih dahulu. Hal ini agar terhindari dari hal  - hal yang tidak diinginkan ketika proses pembersihan nantinya.

4. Berikan Cairan Pembersih Kloset di Area yang Berkerak
Jika semua persiapan sudah dilakukan, selanjutnya anda dapat memberikan cairan pembersih kloset tersebut tepat di area yang berkerak. 

5. Diamkan Sejenak
Agar bereaksi, diamkan terlebih dahulu beberapa saat.

6. Gosok dengan Menggunakan Grenjeng
Setelah itu, gosoklah bagian yang berkerak tersebut dengan menggunakan grenjeng, pastikan kerak yang ada dapat hilang dikit demi sedikit. Namun dalam proses pembersihan ini harus dilakukan secara hati - hati, mengingat aquarium ini terbuat dari bahan kaca yang mudah sekali pecah.

7. Bilas dengan Air Bersih
Setelah dilakukan penggsosokan, bilaslah dengan menggunakan air bersih. Tujuannya untuk menghilangkan sisa - sisa kerak yang sudah dibersihkan. 

8. Ulangi Langkah diatas Sampai Kerak Hilang Semua
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengulanginya beberapa kali. 

Baca Juga:

Nah, jika aquarium anda berkerak ikutilah beberapa tips diatas untuk menghilangkannya. Agar aquarium tidak berkerak maka perawatan itu diperlukan seperti menguras air secara teratur, memasang filter air yang bagus dll. 

Demikian informasi menganai cara menghilangkan kerak di aquarium, diharapkan dengan  adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial membersihkan kerak aquarium dengan mudah, tips menguras aquarium, cara merawat aquarium agar tetap jernih.