-->

Cara Memasang Tipe Pompa Air Jet Pump

Cara Memasang Tipe Pompa Air Jet Pump - Jenis pompa air banyak sekali, masing - masing jenis tentunya memiliki kegunaan tersendiri. Salah satu jenis pompa air  yaitu jet pump. Pompa jenis merupakan ssalah satu pompa yang biaya digunakan apabila kedalaman sumur sangatlah dalam serta sumber airnya juga jauh, sehingga apabila menggunakan jenis pompa air biasanya tidak akan sampai.

Memang pemasangan pompa air jet pump ini memiliki harus memiliki pengetahuanm khusus, oleh sebab itu bagi anda yang baru pertama kali untuk memasangnya, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Berikut ini beberapa langkah dalam memasang pompa air jet pum bagi pemula


1. Pemilihan Jet Pump
Jenis jet pump ini juga banyak sekali, masing - masing jenis mempunyai keunggulan masing - masing. Oleh sebab itu sebelum melakukan pembelian, sesuaikan dengan medan yang dilalui. Dengan begitu nantinya kita mendapatkan jenis jet pump yang dapat bekerja sesuai dengan medan yang ada. Selalu berkonsultasi dengan penjual atau orang yang berpengalaman untuk menentukan jenis jet pump ini.

2. Persiapan Sebelum Pemasangan
Untuk pemasangan jet pump sendiri memerlukan persiapan awal, salah satunya adalah dengan menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pemasangan pompa air jet pump ini adalah sebagai berikut:
- Pompa Air Jet Pump
- Gergaji
- Pipa Paralon
- Stok Kontak
- Mata Jet Pump
- Sambungan Pipa
- Lem Pipa

3. Proses Pemasangan
Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka selanjutnya anda dapat memasang pompa air jet pump tersebut. Untuk langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

- Pelajari Buku Pedoman Pemasangan
Biasanya jika anda membeli pompa jet pump baru, terdapat buku petunjuk pemasangan, perawatan dll.Oleh karena itu sebelum melakukan pemasangan sebaiknya pelajri buku petunjuk yang ada, aagar dalam proses pemasangan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

- Membuat Rancangan ke dalam Sebuah Gambar
Agar mempermudah proses pemasangan nantinya, sebaiknya buatlah rancangan berupa gambar. Anda dapat membuat rancangan tersebut di sebuah kertas, tujuannya untuk dijadikan pedoman pemasangan nantinya.

- Langkah Pemasangan
Setelah semua langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya anda dapat memulai proses pemasangan. Adapun langkah - langkah dalam memasang pompa air jet pump adalah sebagai berikut:

  • Pemasangan Sambungan Pipa dan Saringan
Langkah pertama yaitu dengan memasang sambungan pipa, sambungan saringan dll. Untuk menghindari kebocoran anda dapat memberikan lakban khusus pipa pada sambungan tersebut. Apabila sudah dipastikan posisinya benar, anda dapat memberikan lem.

  • Pemasangan Mata Jet
Selanjutnya anda dapat memasangkan sambungan pipa tersebut dengan mata jet yang sudah disiapkan sebelumnya, pastikan dalam pemasangan ini dalam posisi yang pas dan benar.

  • Pengecekan
Jika setelah dilakukan pemasangan, anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Apakah terjadi kebocoran atau tidak, untuk mengecekanya anda dapat mngalirkan air, apabilka tidak ada air yang keluar ataupun menetes berarti penyambungan ini berhasil.

  • Letakkaan Pipa ke dalam Sumur
Jika sudah, masukkan pipa ke dalam sumur.Sesuaikan panjangnya pipa dengan kedalam sumur, pastikan pipa tersebut masuk ke dalam air agar ketika pompa jet pump tersebut dapat bekerja secara maksimal.

  • Pasangkan Sambungan Keluar ke Tandon Air dll
Setelah itu, pasangkan sambungan pipa keluar yang mengarah ke tando air ataupun  tempat yang lainnya, sama halnya dengan cara sebelumnya, dalam pemasangan ini pastikan tidak terjadi kebocoran agar air yang dikeluarkan juga kencang.

Baca Juga:

Untuk pemasangan pompa jet pump ini membutuhkan teknik dan pengetahuan khusus,oleh karena itu anda dapat menyerahkan pemasangan jet pump ini kepada ahlinya, agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

Demikian informasi mengenai cara memasang tipe pompa air jet pump, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan pompa air dengan mudah, bagaimana cara kerja pompa air jet pump, keunggulan pompa air jet pump.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel