Cara Membuat Pemanas Tambal Ban

Cara Membuat Pemanas Tambal Ban - Ketika ban bocor, maka harus dilakukan proses penambalan. Dalam melakukan penambalan ban motor ini ada berbagai cara yang disesuaikan dengan jenis ban tersebut. Salah satunya ketika ban motor anda bocor dan tidak menggunakan jenis ban tubeless, maka alat yang dapat digunakan yaitu alat tambal yang mempunyai pemanas. Nah kali ini kita akan memberikan beberapa tips bagaimana cara membuat pemanas tambal ban sederhana yang dapat anda gunakan untuk proses penambalan ban motor sendiri di rumah.

Namun dalam proses pembuatan pemanas tambal ban ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
- Plat Besi Sebanyak 2 Lembar
- Baut 2 Buah
- Mesin Gerinda
- Mesin Bor
- Mesin Las

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan pemanas tambal ban ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Landasan
Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan membuat landasan terlebih dahulu, dalam pembuatan landasan ini menggunakan plat besi yang suda disiapkan sebelumnya. Pastikan ukurannya pas dengan yang diinginkan, sesuaikan juga ukurannya agar ketika proses penambalan dapat dilakukan dengan mudah.

2. Lubangi Plat Besi
Setelah itu, anda harus melubangi plat besi tersebut, hal ini nantinya difungsikan sebagai tempat untuk memasukkan baut, agar ketika digunakan pemanas tambal ban ini dapat menekan ban dengan kuat sehingga hasil penambalan akan bagus. Dalam membuat lubang anda dapat menggunakan bantuan mesin bor, jangan lupa ukur terlebih dahulu bautnya, agar lubang yang dibuat bisa pas tanpa adanya kekecilan atau kebesaran lubangnya. Lubang yang dibutuhkan sebanyak 2 titik, sehingga anda dapat mengulangi langkah diatas.

3.  Pembuatan Alat Plat Baut Press
Setelah landasn sudah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat plat baut presss, bagian ini difungsikan untuk menekan area ban yang sedang ditambal, agar hasil tambalan dapat menempel dengan kuat. Dalam pembuatannya anda harus memasankan mur baut yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam plat besi yang agak tebal, dalam pemasangannya anda dapat melakukan pengelasan dengan mesin las yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Perakitan
Jika semua bagian sudah jadi, maka selanjutnya anda dapat merakitnya seperti pemasangan baut dll. Pastikan lubang yang dibuat pas, sehingga baut tersebut dapat masuk dengan baik.

5. Percobaan
Langkah terakhir adalah percobaan, dalam tahap ini anda dapat melakukan penambalan ban seperti biasa, yaitu dengan cara mencari letak kebocoran, kemudian menambalnya dan diberikan lem selanjutnya anda dapat melakukan pengepresan dengan menggunakan alat yang sudah dibuat sebelumnya, caranya dengan memasukkan titik yang sedang ditambal, kemudian putar baut pastikan pengepresan kuat agar hasil penambalan juga maksimal.

Baca Juga:

Jadi, apabila ban motor ataupun sepeda anda bocor, dan ternyata jenis bannya tidak tubeless, maka anda dapat megikuti beberapa tisp diatas. Demikian informasi mengenai cara membuat pemanas tambal ban, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara menambal ban motor dengan mudah, cara membuat alat tambal ban, tips menambal ban paling mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel