-->

Cara Membuat Kandang Koloni Lovebird Biaya Kurang dari 500 rb

Cara Membuat Kandang Koloni Lovebird Biaya Kurang dari 500 rb - Ternak lovebird memang sangat menguntungkan sekali, burung lovebird kini menjadi salah satu burung populer dan banyak sekali pecintanya. Oleh karena itu dengan beternak lovebird menjadi salah satu peluang untuk kita dapat menghasilkan pengahasilan. 

Banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk beternak lovebird ini seperti beternak secara berpasang - pasangan, atau juga secara koloni. Nah saat ini kita akan membahas tentang cara membuat kandang lovebird koloni dengan biaya kurang dari 500 rb

Dalam membuat kandang koloni lovebird agar hemat membutuhkan beberapa teknik khusus, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat kandang koloni dengan biaya kurang dari 500 rb.

1. Tentukan Jumlah Burung
Hal pertama yaitu dengan menentukan berapa jumlah lovebird yang akan dipelihara, dengan begitu tentunya kita juga dapat memperkirakan berapa ukuran kandang lovebird yang cocok. Namun jika anda ingin mengembangkannya, maka sebaiknya buatlah ukuran kandang yang agak besar. Supaya ketika burung lovebird anda semakin banyak tidak usah merubah kandang tersebut.

2. Sesuaikan dengan Lokasi
Kandang koloni tidak seperti kandang lovebird pada umumnya, kadang ini membutuhkan lokasi yang lumayan luas. Oleh karena itu agar pembuatan kandang lovebird ini bagus sesuaikan dengan kondisi lokasi yang ada.

3. Pemilihan Bahan
Untuk membuat kandang koloni ini banyak sekali bahannya, dari harga yang murah hingga paling mahal. Salah satu bahan untuk membuat kandang koloni ini bisa berupa kayu, dengan menggunakan kayu ini biayanya lebih murah dibandingkan dengan besi.

Adapun untuk dindingnya, anda dapat memasangkan kawat ram. Untuk harga kawat ram juga bervariasi tergantung ketebalan dan besar kecilnya kawat tersebut. 

Berikut ini bahan- bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang koloni lovebird:


Bahan yang dibutuhkan:
- Kayu
Anda dapat menggunakan kayu jati atau jenis kayu lainnya. Yang penting kayu tersebut mempunyai kualitas baik. Artinya tidak mudah dimakan rayap dan tidak terjadi pelapukan.

- Paku
Untuk membuat kandang koloni ini anda dapat membeli paku yang sangat sedikit sekali. Namun jika kandang lovebird anda besar, maka paku yang dibutuhkan juga lumayan banyak.

- Kawat Ram
Biasanya kawat ram ini dijual secara meteran, namun untuk pembuatan kandang koloni lovebird ini sebaiknya belilah dalam bentuk gulungan. Perkirakan berapa meter kandang tersebut agar ketika proses pemebelian kawat ram ini bisa pas.

- Wadah Pakan
Berbeda dengan ternak dengan kandang secara per pasangan, untuk ternak dengan kandang koloni ini wadah pakan yang digunakan hanya sedikit yang penting ukuran wadah pakan tersebut lebar sehingga memudahkan lovebird untuk makan dan menghindari rebutan makanan.

- Wadah Minum
Sama halnya dengan wadah pakan tadi, sediakan wadah minum ini yang mempunyai bentuk lebar. Agar memudahkan burung tersebut untuk minum dan tidak harus bergantian dengan yang lainnya.

- Glodok
Glodok merupakan bagian yang penting dalam beternak lovebird, karena di tempt itulah nantinya lovebird akan membuat sarang dan menaruh telur. Untuk beternak secara koloni, jumlah glodoknya juga harus disesuaikan dengan jumlah lovebird, agar terhindar dari rebutan kandang yang dapat menyebabkan saling bertengkar satu sama lainnya.

Baca Juga:

- Tangkringan
Tangkringan yang dapat anda gunakan adalah ranting pohon, mengingat lovebird yang terdapat di dalam kandang koloni sangatlah banyak, sehingga membutuhkan tangkringan lebih. Dengan menggunakan tangkringan dari ranting pohon ini biayanya juga hemat. Karena anda dapat mendapatkannya di sekitar rumah.

Cara Membuat Kandang Koloni Lovebird Biaya Kurang dari 500 rb
Cara Membuat Kandang Koloni Lovebird Biaya Kurang dari 500 rb


Demikian informasi mengenai cara membuat kandang koloni lovebird biaya kuang dari 500 rb, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang pembuatan kandang koloni yang baik untuk ternak lovebird, cara beternak lovebird dengan sistem koloni.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel