-->

Membuat Wadah Minum Ternak Lovebird Otomatis

Membuat Wadah Minum Ternak Lovebird Otomatis - Jika anda ingin beternak lovebird, maka segala seustunya harus dipersiapkan dengan baik seperti kandang, glodok maupun tempat makan dan minum. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membuat wadah minum ternak lovebird secara otomatis menggunakan pompa air akuarium.

Mengapa disebut otomatis, karena kita tidak perlu lagi masuk ke dalam kandang untuk melakukan pengisian atau juga mengambil wadah tersebut. Ini sangat bermanfaat sekali apabila anda beternak lovebird dengan sistem koloni yang mempunyai ukuran kandang yang besar. 

Untuk membuat wadah minum ternak lovebird otomatis ini membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain:
- Pompa air akuarium
Pompa air akuarium ini bisa anda dapatkan di toko akuarium terdekat, jenis dan harganya bervariasi. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, sebaiknya pilihlah jenis pompa yang mempunyai kualitas baik agar ketika digunakan tidak mudah rusak nantinya.

- Ember
Ember ini berfungsi untuk penampungan air yang nantinya akan dialirkan ke dalam wadah minum yang terdapat di dalam kandang koloni. Sesuaikan ukuran ember dengan banyaknya air yang dibutuhkan untuk mengisi wadah minum. Anda juga dapat menggunakan air tersebut beberapa kali, jadi tidak harus sekali isi langsung habis.

- Stop Kontak
Untuk menyalakan pompa air akurium ini membutuhkan aliran listrik, oleh karena itu siapkanlah stop kontak lengkap dengan kabelnya. Letakkan stop kontak tersebut di dekat kandang agar mudah untuk menyalakan pompa air nantinya.

- Selang / Pipa Paralon
Ketika membeli pompa air akuarium ini bisanya sudah diberikan selang, namun selang tersebut tentunya khusus ditaruh di akuarium yang mempunyai ukuran yang pendek sekali. Untuk membuat wadah minum ternak lovebird otomatis ini gantilah selang tersebut dengan pipa paralon. Sesuaikan ukuran dan panjangnya, pastikan dalam proses pemasangan tersebut tidak terjadi kebocoran.

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, anda dapat memulai poses pembuatan wadah minum ternak lovebird ini. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Ukur Jarak Wadah Pakan dengan Ember Penampungan
Langkah pertama yaitu dengan melakukan pengukuran jarak antara wadah pakan sampai dengan ember penampungan air. Karena ukuran ini nantinya digunakan untuk menyiapkan pipa paralon yang akan digunakan, agar ketika dipasang pas.

2. Pasanglah Pipa dengan Rapi
Agar rapi, anda dapat memasangkan pipa tersebut di sisi - sisi kandang, dengan begitu tidak akan mengganggu pemandangan dan juga lovebird itu sendiri. Ketika proses pemasangan pipa ini anda dapat mengikatnya dengan kandang menggunkan kawat agar kuat dan tidak mudah lepas.

3. Masukkan Pompa Air ke dalam Ember Penampungan
Karena ember ini berfungsi sebagai penampungan, maka usahakan ember ini nantinya selalu bersih. Jika perlu gunakanlah ember yang sudah ada tutupya, dengan begitu kotoran tidak akan mudah masuk dan membuat air tersebut menjadi kotor nantinya. Posisinya pompa air di bagian dasar ember, tujuannya agar memudahkan pompa untuk menyedot air.

4.  Isikan Air ke dalam Ember Penampungan
Setelah proses instalasi semua selesai, selanjutnya adalah dengan mengisikan air ke dalam ember penampungan tersebut. 

5. Nyalakan Pompa Air
Langkah terakhir adalah dengan menyalakan pompa air tersebut dengan cara menancapkan colokan ke dalam stop kontak. Tunggu hingga air keluar melalui pipa dan mengarah ke dalam wadah minum lovebird.

Baca Juga:

Dalam proses pengisian air ini anda harus dilakukan pengawasan, jangan sampai kita tinggal dan nantinya air akan meluber ke luar dari wadah pakan. Jika anda sudah terbiasa nantinya juga dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian wadah minum tersebut. Dengan begitu tidak akan terjadi air meluber dan lain sebagainya.



Demikian informasi mengenai membuat wadah minum ternak lovebid otomatis, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan wadah pakan dan minum lovebid, cara ternak lovebird agar brhasil, tips sukses ternak lovebird bagi pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel