Telur Lovebird Lama Belum Menetas? Begini Cara Mengeceknya

Telur Lovebird Lama Belum Menetas? Begini Cara Mengeceknya - Ketika beternak lovebird, saat bertelur memang saat yang di nanti - nanti. Namun ketika sudah bertelur ada proses lagi yaitu pengeraman, biasanya lovebird akan menetas jika sudah 21 hari.

Namun ada juga yang sudah ditunggu sangat lama bahkan lebih dari 21 hari tak kunjung juga menetas, padahal lovebird masih setia untuk mengerami telur tersebut. Hal ini tentunya membuat kita bingung, akankah telur tersebut akan menetas atau sebaliknya.

Nah jika anda mengalami hal tersebut, coba beberapa tips berikut ini tentang cara pengecekan telur lovebird yang lama menetasnya apakah dalam keadaan baik atau tidak.
Sebelum memulai proses pengecekan ini siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:

- Senter
Anda dapat menggunakan senter biasa, atau juga dapat menggunakan hp yang terdapat fasilitas senter.
- Telur Lovebird
Untuk melakukan pengecekan ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati supaya tidak membuat telur tersebut justru rusak.

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pengecekan telur lovebird tersebut dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Ambil Telur dari Glodok
Pertama - tama ambil telur tersebut dari dalam glodok, untuk proses ini sebaiknya dilakukan ketika lovebird sedang berada di luar glodok. Gunakanlah perangkat keselamatan seperti sarung tangan, mengingat lovebird yang sedang bertelur lebih agresif.

Dalam memegangnya pun sebaiknya dilakukan secara hati - hati, jangan sampai anda terlalu keras menekannya, karena hal itu dapat menyebabkan telur justru akan pecah.

2. Nyalakan Senter
Nyalakan senter, pastikan senter anda dapat memberikan sinar yang baik. Karena dengan bantuan sinar inilah nantinya kita dapat melihat apa yang ada di dalam telur lovebird tersebut. 

3. Posisikan Telur di depan Sinar Senter
Kemudian posisikan telur tersebut tepat berada di depan siar senter.

4. Amati ke dalam Telur
Sorotan sinar senter akan membuat isi dari dalam telur tersebut terlihat. Jika telur tersebut ada isinya maka terlihat ada bayangan hiatma, sedangkan apabila tidak ada isinya maka isi dari telur tersebut bening. 

Jika telur tersebut bening dan tidak ada isinya, maka bisa dipastikan bahwa telur tersebut anntinya tidak bisa menetas.

Baca Juga:

Nah jika anda sudah lama menunggu dan merasa bingung apakah nantinya rtelur tersebut akan meteas atau tidak sebaiknya lakukanlah pengecekan diatas. Dengan begitu anda dapat menentukan tindakan apa yang selanjutnya segera dilakukan, jika ternyata telurnya tidak bisa menteas semua selanjutnya anda dapat melakukan penjemuran sehingg nantinya lovebird dapat cepat bertelur kembali.

Demikian informasi mengenai cara mengecek telur lovebird, diharapkan dapat menambah wawasan anda tentang tips pengecekan telur lovebird dengan cara sederhana, tips sukses beternak lovebird bagi pemula.