Cara Membuat Arang dari Kayu Untuk Bakar Sate

Cara Membuat Arang dari Kayu Untuk Bakar Sate - Sate bakar merupakan salah atu makanan favorite di indonesia, namun sebelum sate ini dihidangkan akan melewati proses pembakaran. Untuk membakar sate ini membutuhkan alat dan bahan seperti alat panggangan sate, arang dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat arang yang terbuat dari kayu untuk proses pembakaran sate ayam maupun kambing. Untuk proses pembuatan arang ini caranya mudah sekali, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan arang dari kayu ini seperti:
- Kayu yang Kering
- Tempat yang Aman
- Korek Api
- Jerami
- Pasir
Setelah semu alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan arang ini.
2. Susun Kayu
Selanjutnya anda harus menyusun kayu tersebut. Dalam penyusunan kayu ini sebaiknya dibentuk seperti piramida. Karena dengan posisi ini nantinya kayu akan terbakar secara merata sehingga proses pembuatan arang dapt berlangsung dengan cepat.
3. Posisikan Jerami di Susunan Kayu
Kemudian setelah semua kayu tertata dengan rapi, berikan jerami tepat diatasnya. Pastikan semua bagian tertutupi semua agar arang yng dihasilkan berkualitas. Jerami yang anda gunakan harusnya dalam keadaa kering sehingga proses pembakaran akan berlangsung cepat nantinya.

4. Nyalakan Api
Selanjutnya nyalakan api dengan korek api. Arahkan api tersebut tepat di jeramin yang sudah tersusun tadi. Pastikan jerami tersebut dapat terbakar dengan baik, agar anda dapat melanjutkan proses berikutnya.

5. Timbun dengan Pasir
Setelah jerami sudah terbakar, perlahan - laha berikan pasir. Hal ini betujuan agar api yang ada tidak terlalu besar sehingga nantinya kayu yang ada justru akan menjadi abu semua. 

6. Ulangi Proses Penimbunan dengan Pasir
Ulangilah proses penimbunan pasir ini beberapa kali dibagian lainnya, agar nantinya kayu yang ada di dalamnya bisa berubah menjadi arang.

7. Diamkan
Langkah selanjutnya adalah dengan mendiamkan antara 2 sampai 3 hari, maka nantinya kayu bakar yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi arang yang siap untuk proses membuat sate bakar.
Baca Juga:

8. Ambil Arang
Langkah terakhir adalah dengn mengambil arang tersebut, gunankanlah sarung tangan atau yang lainnya. Agar tangan anda tetap bersih dan tidak terkena arang tersebut.

Cara Membuat Arang dari Kayu Untuk Bakar Sate
Cara Membuat Arang dari Kayu Untuk Bakar Sate

Itu merupakan cara membuat arang dari kayu, jadi ketika anda ingin bakar sate dan ternyata susah untuk menemukan penjual arangnya. Maka anda dapat membuatnya sendiri dengan mudah. 
Demikian informasi tentang proses pembuatan arang, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pembuatan arang yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel