Cara Membuat Penutup Sumur dari Kayu

Cara Membuat Penutup Sumur dari Kayu - Jenis sumur ada beberapa salah satunya adalah sumur konvensional yang menggunakan kelontong. Sumur jenis ini mempunyai ciri lubang yang sangat besar. Nah karena itulah maka diperlukan penutupan lubang pada bagian atas sumur, agar nantinya tidak membahayakan serta tidak ada benda yang masuk ke dalam sumur tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat penutup sumur dari kayu dengan mudah. Namun sebelum ke dalam proses pembuatan, siapkan alat dan bahan terlebih dahulu antara lain:
- Paku
- Palu
- Gergaji
- Kayu
- Papan Kayu
- Alat Ukur Meteran
- Bolpen

Jika semua alat yang dibutuhkan sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan penutup sumur ini dengan mengikuti beberap langkah dibawah ini:

1. Pembuatan Konsep
Langkah awal adalah dengan membuat konsep yang ingin dibuat. Apakah nantiya berbentuk bulat, apakah nantinya jadi satu atau 2, atau bentuk kotak. Karena konsep awal ini penting maka anda harus memikirkan secara matang tentang bentuk penutup yang akan dibuat. Jika sudah menemukan bentuk apa yang tepat untuk digunakan anda dapat melanjutkan proses selanjutnya.

2. Pengukuran
Setelah dirasa konsep sudah pas, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengukuran. Pada tahap ini anda harus mengukur lebar diameter sumur. Karena dengan ukuran ini nantinya yang kita jadikan pedoman dalam pembuatan penutup sumur tersebut.

Setelah ukuran semua sudah didapatkan, maka anda juga harus mengukur serta menandai di kayu yang ingin digunakan. Karena pastinya kayu tersebut harus dilakukan pemotongan agar ukurannya sesuai dengan yang dibutuhkan.

3. Pemotongan
Setelah ditandai, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan pada kayu tersebut. Untuk memotong kayu ini, anda dapat menggunkana gergaji kayu biasa.

4. Perangkaian
Jika semua bahan sudah selesai dipotong, langkah selanjutnya adalah melakukan perangkaian. Untuk merangkai kayu- kayu agar dapat dijadikan penutup sumur dapat menggunakan paku. Bentuklah sesuai dengan konsep yang ditentukan diawal. Pastikan antara bagian satu dengan lainnya saling menempel dengan baik, agar ketika digunakan nantinya tidak mudah lepas.

Jika kerangka sudah selesai dibuat, maka anda dapat lensung memasag kayu papan diatasnya. Untuk paku yang digunakan untuk memasang kayu papan ini jenisnya khusus. Agar tidak membuat papan kayu tersebut pecah nantinya.

5. Finishing
Tahap akhir dari pembuatan penutup sumur dari kayu ini adalah proses finishing, pada tahap ini anda dapat merapikan setiap bagian. Jangan sampai ada bagian yang kurang kencang dalam pemasangan.

Baca Juga:

6. Pemasangan
Setelah pembuatan penutup sumur dari kayu ini selesai, langkah terakhir adalah dengan memasangnya di sumur. Untuk cara pemasangannya menyesuaikan dengan bentuk yang anda buat. Misalnya anda membuat penutup sumur menjadi 2 bagian yaitu kanan dan kiri, maka untuk cara pemasangannya adalah dengan memasangkan salah satu bagian dulu kemudian diikuti bagian lainya.

Demikian informasi mengenai cara membuat penutup sumur dari kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan penutup sumur dari kayu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel