Cara Menambal Galon yang Bocor Paling Mudah

Cara Menambal Galon yang Bocor Paling Mudah - Galon merupakan salah satu benda yang digunakan untuk menaruh air, biasanya galon ini dipasang di dispenser. Nah galon ini juga dapat mengalami kebocoran, banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan galon tersebut menjadi bocor seperti kesalahan dalam penggunaan, terbentur benda yang keras atau umur galon yang sudah lama.

Apabila hal ini anda alami, maka anda harus melakukan perbaikan galon tersebut seperti melakukan penambalan. Kali ini kita akan membahas tentang cara menambal galon yang bocor dengan mudah, Namun sebelum masuk ke dalam proses inti dari penambalan. Ada beberapa alat dan bahan yang harus anda persiapkan antara lain:

- Galon yang Sudah Pecah
- Gunting
- Solder
- Sarung Tangan

Untuk proses penambalan ini yaitu dengan cara menambahkan galon yang sudah pecah kemudian di taruh pada bagian yang bocor tersebut. Untuk pemasangannya yaitu dengan cara proses pelelehan. Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses penambalan galon ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Ukur Area Kebocoran
Langkah awal adalah dengan melakukan pengukuran pada area kebocoran tersebut, karena hal ini nantinya digunakan untuk memperkirakan berapa banyak ukuran galon yang dibutuhkan untuk melakukan proses penambalan tersebut.

2. Potong Sesuai Kebutuhan
Selanjutnya memotong galon yang sudah pah sesuai dengan kebutuhan untuk proses penambalan ini.

3. Nyalakan Solder
Untuk proses penambalan ini dibutuhkan solder untuk membuat galon tersebut menjadi leleh. Oleh karena itu nyalakan solder terelbih dahulu dan tunggu hingga solder tersebut benar - benar panas.

4. Gunakan Sarun Tangan
Karena dalam proses penambalan ini menggunakan solder yang panas, maka dari itu gunakanlah sarung tangan. Tujuannya agar panas dari solder tersbut tidak terasa di tangan kita, sehingga proses penambalan ini akan berjalan dengan aman dan nyaman.

5. Atur Posisi Galon Penambal
Kemudian aturlah posisi galon yang nantinya digunakan untuk penamblana tepat diatas area kebocoran.

6. Arahkan Solder Tepat di Galon Penambal
Kemudian arahkan solder tersebut tepat di galon yang akan digunakan untuk proses penambalan.

7. Tunggu Hingga Galon Penambal Menjadi Leleh
Tunggu hingga galon penambal tersebut berubah menjadi leleh, sehingga nantinya dapat menyumbat galon yang bocor.

Baca Juga:

8. Biarkan Hingga Kering
Jika semua proses diatas sudah selesai, maka diamkan hingga tambalan galon tersebut benar - benar kering sebelum digunakan.

Demikian informasi mengenai cara menambal galon yang bocor paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan galon yang bocor dengan mudah.