Trik Menyambung Kabel Antena dengan Mudah

Trik Menyambung Kabel Antena dengan Mudah - Antena merupakan salah satu peralatan yang penting bagi TV. Dengan adanya antena inilah kita dapat menyaksikan acara tv dengan  lancar dan jernih. 

Di sebuah antena terdapat beberapa komponen salah satunya adalah kabel. Kabel antena ini digunakan untuk menghubungkan antena bagian luar ke bagian booster di bagian dalam. Ketika anda memasang antena ini dan ternyata kabel yang ada tidak sampai di lokasi dimana tv kita letakkan, maka salah satu caranya adalah dengan mengganti kabel dengan yang lebih panjang, atau bisa juga dengan melakukan penyambungan.

Namun jika anda memutuskan untuk mengganti kabel yang lebih panjang, maka tentunya kita akan boros.  Karena kabel yang pertama tentunya tidak terpakai. Namun ada cara yang lebih efektif dan terjangkau, yaitu dengan cara penyambungan kabel antena tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menyambung kabel antena dengan mudah, jadi anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses penyambungan kabel antena ini antara lain:
- Kabel Antena
- Cutter
- Isolatif
- Jack

2. Kelupas Kabel
Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengelupasan kabel baik yang pertama ataupun kabel kedua. Untuk proses ini anda dapat menggunakan cutter. Namun sebaiknya dalam proses ini dilakukan secara hati - hati, mengingat serabut yang terdapat di dalam kabel antena tersebut mudah sekali  putus. Adapun jarak kabel yang dikelupas ini adalah sekitar 4- 5 cm.

3. Kupas Pembungkus Kabel
Kabel antena ini mempunyai beberapa bagian di dalamnya, salah satunya adalah pembungkus kabel ini biasanya terbuat dari bahan tembaga. Untuk proses penyambungan kabel antena ini haruslah dilakukan pengelupasan pada bagian pembungkus kabel ini dengan jarak minimal 1 cm.

4. Pasang Jack
Agar kabel antena yang di sambung dapat berfungsi dengan baik, maka kita harus melakukan pemasangan jack jantan maupun betina, Mengingat dalam proses penyambungan kabel antena ini tidaklah sama dengan kabel lainnya. Kita harus menggunakan bantuan jack dulu agar kabel yang satu dengan yang lainnya dapat menyambung dan dapat digunakan.

Pastikan dalam pemasangan jack ini benar, biasanya jack ini dilengkapi dengan penutup. Sebelum di pasangi kabel, anda harus membuka penutup jack terlebih dahulu dengan cara memutarnya sehingga penutup tersebut akan terbuka. Dan selanjutnya anda dapat memasangkan kabel ke dalam jack tersebut. Ikutilah kabel yang satunya dengan cara yang sama namun dengan tipe jack yang berbeda. Misal kabel pertama dipasangi jenis jack yang jantan, maka selanjutnya di bagian kabel yang lainnya dipasangi jack dengaan tipe betina.

5. Hubungkan Jack
Setelah proses pemasangan jack selesai, maka anda tinggal menghubungkan antara jack yang satu dengan lainnya. Pastikan dapat terpasang dengan benar agar nantinya kabel antena yang sudah disambung ini dapat berfungsi secara normal.

6. Uji Coba
Setelah dilakukan pemasangan jack ini, anda dapat melakukan uji coba untuk menghubungkan kabel tersebut ke TV, apabila gambarnya keluar dan bagus. Maka proses penyambungan ini berhasil, namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka proses penyambungan ini dinyatakan gagal. Anda dapat melakukan pengecekan ulang, apakah ada bagian yang kurang pas atau yang lainnya.

Baca Juga:

Dengan melakukan proses penyambungan kabel ini selain dapat mengehemat uang anda, maka kita dapat menyesuaikan ukuran kabel sesuai yang dibutuhkan. Jadi nantinya tidak ada lagi yang namanya kabel yang tersisa dan tergulung yang justru dapat menyebabkan gambar yang dihasilkan kurang bagus.

Demikian informasi mengenai cara menyambung kabel antena dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara memasang antena tv untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel