Belajar Cara Menjahit Sandal Untuk Pemula

Belajar Cara Menjahit Sandal Untuk Pemula - Salah satu cara menjaga agar sandal tidak mudah putus adalah dengan cara penjahitan. Biasanya proses ini disebut dengan sol sandal. Nah proses penjahitan sepatu ini dapat dilakukan sendiri di rumah asalkan sudah mengetahui tekniknya, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjahit sandal yang baik dan benar.

Untuk menjahit sandal ini ada beberapa tahapan antara lain persiapan bahan, proses pengerjaan, dan finishing, Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menjahit sandal yang baik dan benar sesuai dengan tahapannya:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan  untuk proses ini antara lain:
- Gunting
- Jarum
- Benang
- Sandal

2. Proses Penjahitan Sandal
Setelah semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat langsung memulai proses penjahitan ini dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

- Siapkan Sandal yang Akan di Jahit
Siapkan sandal yang akan dijahit, dalam proses ini pastikan sandal anda sudah bersih. Karena hal ini juga dapat memperlancar proses penjahitan nantinya. Sebaiknya lakukan pengelapan atau pencucian terlebih dahulu agar sandal tersebut bersih.

- Masukkan Benang ke dalam Lubang Jarum
Selanjutnya masukkanlah benag tersebut ke dalam lubang jarum, untuk proses ini anda perlu ketelitian agar benang tersebut bisa masuk ke dalam dengan mudah.

- Tentukan Titik Mulai
Titik mulai ini penting, karena disitulah awal kita memulai proses penjahitan sandal.

- Masukkan Jarum ke Bagian Sandal yang Akan di Jahit
 Masukkanlah jarum tersebut ke bagian sandal yang akan dijahit, sebaiknya proses ini dilakukan secara pelan - pelan agar tidak membuat sandal menjadi rusak.

- Tarik Salah Satu Benang Sol ke Luar
Jika sudah dimasukkan, kemudian anda perlu menarik salah satu titik benang ke arah luar. Hal ini agar jahitan kita menjadi kencang.

- Ulangi Proses Memasukkan Jarum ke dalam Sepatu dengan Jarak 1 cm
Selanjutnya ulangi proses memasukkan jarum ke dalam sandal dengan jarak sekitar 1 cm, jarak ini juga dapat menentukan kuat atau tidaknya penjahitan sandal tersebut. Semakin dekat jaraknya, maka akan semakin kuat pula jahitannya.

- Rapikan Jahitan
Setelah dirasa semua area sudah dilakukan penjahitan, selanjutnya anda tinggal proses finishing. Pada proses ini anda dapat merapikan hasil jahitan sandal tersebut.

Baca Juga:

- Potong Sisa Benang
Jika terdapat sisa benang, anda perlu memotongnya dengan menggunakan gunting.

Proses Finishing
Setelah dilakukan penjahitan, anda perlu mencuci ulang sandal tersebut. Hal ini bertujuan agar kotoran atau keringat yang menempel di sandal dalam proses penjahitan  ini hilang.

Belajar Cara Menjahit Sandal Untuk Pemula
Belajar Cara Menjahit Sandal Untuk Pemula


Jadi, apabila anda ingin menjahit sandal sendiri di rumah dapat mengikuti beberapa tutorial diatas. Demikian informasi mengenai cara menjahit sandal untuk pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara sol sepatu yang paling mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel