-->

Cara Agar Buku Tidak Cepat Menguning

Cara Agar Buku Tidak Cepat Menguning - Buku yang tidak dirawat dengan baik pastinya akan cepat menguning, oleh karena itu perawatan buku ini penting sekali dilakukan. Nah jika anda sedang mencari bagaimana cara yang dapat dilakukan buku agar tidak menguning ini merupakan beberapa caranya.

1. Siapkan Rak
Rak buku merupakan salah satu tempat yang dapat digunakan untuk menaruh buku menjadi lebih rapi. Selain itu dengan menggunakan rak buku ini dapat mencegah timbulnya kekuningan di buku tersebut. Yang terpenting adalah rak tersebut dari bahan yang bagus agar tidak membuat buku menjadi rusak.

2. Pasangi Sampul
Salah satu satu cara agar buku tidak cepat menguning adalah dengan cara memasang sampul di buku tersebut. Dengan begitu buku kita terhindar dari debu dan lain sebagainya, selain itu dengan memasang sampul ini akan membuat buku menjadi tidak mudah kusam.

3. Penyusunan Buku yang Benar
Ketika anda ingin menaruh buku tersebut di dalam rak, maka anda juga harus menyusunnya dengan benar. Cara penyusunan buku yang benar adalah dengan model berdiri.

4.  Bersihkan Buku Secara Rutin
Agar debu tidak menempel banyak, maka anda harus membersihkannya secara rutin. Untuk membersihkan debu ini bisa dengan cara menggunakan kemoceng atau yang lainnya.

5. Berikan Kamper atau yang lainnya
Agar rak buku anda terhindar dari serangga, maka anda dapat menaruh kamper tersebut di dalamnya.

6. Pengaturan Celah Udara
Agar buku tersebut awet, maka anda harus mengatur celah udara. Hal ini penting agar rak buku tersebut tidak terlalu panas sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada buku tersebut.

Baca Juga:

7. Pisahkan Buku yang Berjamur
Jika anda memiliki buku yang sudah berjamur, maka pisahkanlah antara buku tersebut dengan buku yang masih dalam keadaan baik.

Cara Agar Buku Tidak Cepat Menguning
Cara Agar Buku Tidak Cepat Menguning


Nah itu merupakan beberapa cara agar buku tidak cepat menguning, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips menjadikan buku awet dengan langkah sederhana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel