-->

Cara Memasang Sadel Sepeda dengan Alat Sederhana

Cara Memasang Sadel Sepeda dengan Alat Sederhana - Sadel merupakan tempat duduk saat kita mengayuh sepeda. Oleh karena itu bagian ini haruslah dibuat senyaman mungkin. Jika anda berencana ingin mengganti sadel lama dengan sadel baru tutorial berikut ini bisa anda praktekkan. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memasang sadel sepeda dengan menggunakan alat yang sederhana.

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah awal dalam memasang sadel sepeda adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Sadel
- Obeng
- Sepeda

2. Melepas Sadel Lama
Sebelum melakukan pergantian dengan sadel yang baru, anda perlu melepas sadel lama terlebih dahulu. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

- Kendurkan Baut
Langkah pertama adalah dengan mengendurkan baut terlebih dahulu. Baut ini berfungsi untuk mengencangkan sadel sepeda tersebut agar tidak lepas ketika digunakan. Untuk mengendurkan baut ini bisa menggunakan alat obeng, pastikan obeng yang anda gunakan sesuai dengan ukuran baut tersebut.

- Putar dan Tarik Sadel
Jika baut sudah kendur, anda dapat memutar dan menarik sadel secara perlahan. Hal ini agar sadel dapat keluar dari lubang.

 3. Pemasangan Sadel Baru
Jika sadel lama sudah lepas, maka anda dapat langsung memasang sadel yang baru dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

- Masukkan Sedel Baru ke dalam Lubang
Masukkan sedel tersebut ke dalam lubang, biasanya proses ini mudah dan ada yang sulit. Tergantung apakah sadel anda lebih kecil ukurannya atau pas. Kalau pas kita harus membuat gerakan memutar sambil menekan sadel agar dapat masuk ke dalam lubang.
Sadel Sepeda
Sadel Sepeda


- Atur Posisi Sadel
Jika sadel sudah masuk, anda dapat mengatur posisinya. Pastikan sadel tersebut menghadap depan dan dalam keadaan lurus.

- Atur Ketinggian Sadel
Untuk mengatur ketinggian sadel ini disesuaikan dengan pengguna sepeda nantinya, untuk mengatur ketinggian ini anda dapat melakukan percoban menaiki sepeda tersebut.

Baca Juga:

- Kencangkan Baut
Jika ketinggian sudah sesuai, anda perlu mengencangkan baut tersebut agar ketika digunakan sadel tidak lepas ataupun turun.

Cara Memasang Sadel Sepeda dengan Alat Sederhana
Cara Memasang Sadel Sepeda dengan Alat Sederhana
Pemasangan sadel sepeda ini mudah sekali, anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat yang sederhana. Demikian informasi mengenai cara memasang sadel sepeda dengan alat sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan sadel sepeda yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel