Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kendor dan Sering Lepas

Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kendor dan Sering Lepas - Rantai merupakan salah satu bagian inti di dalam sepeda, karena dengan rantai ini kita dapat mengayuh sepeda sehingga roda belakang sepeda dapat bergerak. Rantai ini juga dapat mengalami permasalahan salah satunya adalah kendor dan sering lepas. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi rantai sepeda yang kendor dan sering lepas dengan baik dan benar.

Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, kita harus tahu dulu apa saja penyebab rantai sepeda yang kendor tersebut antara lain:

- Rantai atau Gear Kering
Rantai ini haruslah sering dirawat, karena dengan kondisi gear atau rantai kering juga dapat menyebabkan rantai sering kendor dan lepas.

- Mata Gear yang Sudah Tajam
Awalnya ketika anda membeli sepeda baru, mata gear tersebut mempunyai bentuk yang tumpul, Jika lama - kelamaan mata gear menjadi tajam maka hal ini juga dapat menyebabkan rantai sepeda tersebut menjadi kendor dan sering lepas. Hal ini dikarena dengan sudut kemiringan yang begitu maka pastinya gear sudah tidak bisa menahan rantai di posisi yang baik.

- Rantai Kendur
Akibat digunakan secara terus menerus, biasanya rantai ini bisa juga kendur.

Setelah mengetahui apa saja penyebab rantai kendor dan sering lepas, selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi rantai sepeda yang kendor dan sering lepas tersebut dengan cara berikut ini:

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk perbaikan rantai inia antara lain:
- Obeng
- Mata Gear
- Rantai
- Sepeda
- Cairan Rantai

2. Melepas Rantai
Setelah semua persiapan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melepas ranati tersebyt terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melepas baut di ban belakang, Maka nantinya roda belakang akan terlepas sehingga kita dapat melepas rantai tersebut dengan mudah.

3. Melepas Gear
Dalam melepas gear sepeda ini membutuhkan teknik khusus. Untuk gear bagian depan, anda harus melepas semua pedalnya dulu kemudian barulah anda dapat melepas gearnya.

4. Memasang Gear Baru
Setelah gear lama sudah lepas, selanjutnya anda dapat langsung memasang gear baru. Caranya adalah dengan mengatur posisi gear yang benar, kemudian memasangkan baut. Jika sudah pas anda dapat langsung memasangkan pedalnya. Begitu pula untuk gear bagian belakang.

5. Pemasangan Rantai
Jika gear baru sudah terpasang, maka selanjutnya anda juga harus mengecek apakah rantai ini masih layak atau tidak. Karena meskipun kita menggunakan gear baru, sedangkan rantai yang digunakan sudah tidak layak lagi maka hal ini juga dapat menyebabkan rantai sepeda tersebut mudah kendor. Jika rantai tersebut sudah tidak layak, sebaiknya gantilah rantai dengan yang baru agar ketika digunakan tidak ada kendala.

6. Pemasangan Roda Belakang
Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya anda dapat langsung memasang roda belakang sepeda. Caranya adalah dengan mengatur di posisi yang benar kemudian memasangkan baut untuk mengencangkannya.

Baca Juga:

7. Pemberian Cairan Pelumas
Cairan pelumas ini penting agar rantai tersebut tidak mudah berkarat. Karena biasanya jika rantai sudah berkarat sepeda tersebut tidak dapat di ayuh secara maksimal.

Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kendor dan Sering Lepas
Cara Mengatasi Rantai Sepeda yang Kendor dan Sering Lepas


Demikian informasi mengenai cara mengatasi rantai sepeda yang kendor dan sering lepas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perawatan rantai sepeda yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel