Cara Menggunakan Pompa Angin Ban Sepeda Manual

Cara Menggunakan Pompa Angin Ban Sepeda Manual - Menjaga tekanan angin ban itu penting sekali, karena dengan tekanan udara yang tidak pas dapat menyebabkan penggunaan sepeda tersebut tidak maksimal. Misalnya ketika ban kurang angin, maka ketika kita mengayuh sepeda tersebut terasa berat, sebaliknya apabila tekanan ban tersebut terlalu keras juga tidak enak karena biasanya akan terasa keras saat dinaiki.

Oleh karena itu melakukan pengecekan tekanan ban itu penting, apabila tekanan ban sepeda anda kurang segeralah lakukan penambahan angin caranya adalah dengan menggunakan pompa. Saat ini jenis pompa ada beberapa macam seperti pompa angin manual. Pompa angin ini dapat digunakan dengan cara manual yaitu dengan menekan tuas kearah bawah, maka nantinya pompa tersebut dapat mengeluarkan udara sehingga dapat menambah tekanan ban sepeda.

Jika anda baru dan tidak tahu cara menggunakan pompa angin ban manual, berikut ini adalah tipsnya. Kali ini kita akan memberikan tutorial tentang cara menggunakan pompa angin manual untuk memompa ban sepeda.

1. Cek Sumbu Ban Sepeda
Pertama pastikan sumbu yang digunakan di ban sepada tersebut. Karena biasanya sumbu ini beraneka ragam ada yang berbentuk sumbu seperti di motor dan ada yang tidak. Hal ini penting karena dengan begitu nantinya kita dapat menentukan jenis pompa mana yang tepat untuk digunakan untuk mengisi ban tersebut.

2. Posisikan Sumbu di Bawah
Kemudian atur posisi sumbu ban tersebut di bagian bawah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengisian tekanan udara di ban.

3. Buka Penutup Sumbu
Jika anda menggunakan penutup sumbu, maka anda harus membukanya terlebih dahulu. Simpan penutup sumbu tersebut dengan baik agar tidak mudah hilang nantinya. Karena setelah proses pengisian udara nantinya bagian penutup sumbu ini akan digunakan kembali.

4. Masukkan Sumbu ke dalam Bagian Ujung Pompa Angin
Masukkanlah sumbu ban tersebut ke bagian ujung pompa angin. Pastikan dalam pemasangannya benar. Jangan sampai ada udara yang keluar, karena apabila hal itu terjadi ketika proses pemompaan dapat membuat proses pengisian udara akan berlangsung lama.

5. Pegang Tuas Pompa
Peganglah kedua tuas pompa dengan kedua tangan.

6. Dorong Tuas Pompa Ke Bawah
Kemudian doronglah tuas pompa angin tersebut ke arah bawah.

7. Tarik Tuas Pompa Keatas
Selanjutnya tariklah tuas pompa tersebut ke arah atas lagi.

8. Ulangi Langkah 6 dan 7
Ulangilah langkah 6 fan 7 sampai tekanan ban yang diinginkan tercapai.

Baca Juga:

Dalam menggunakan pompa angin ini sangatlah mudah, namun ketika anda menggunkannya pastikan proses menodorong dan menarik tuas dilakukan dengan cepat. Karena jika kelamaan udara yang berada di dalam pompa dapat keluar kembali.

Cara Menggunakan Pompa Angin Ban Sepeda Manual
Cara Menggunakan Pompa Angin Ban Sepeda Manual


Demikian informasi mengenai cara menggunakan pompa angin ban sepeda manual, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengisi ban sepeda dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel