-->

Solusi Mengatasi Akuarium yang Berkabut dengan Mudah

Solusi Mengatasi Akuarium yang Berkabut dengan Mudah - Salah satu permasalahan yang terjadi di akuarium adalah aquarium berkabut. Jika anda mengalami hal ini, segeralah lakukan penanganan. Lalu bagaimana caranya? Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi akuarium yang berkabut dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan apabila aquarium di rumah anda berkabut, banyak sekali faktor yang menyebabkan akuarium berkabut ini beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
- Sedimentasi Substrat
Penyebab akuarium berkabut yang pertama adalah sedimentasi substrat, hal ini dapat terjadi ketika anda selesai melakukan pergantian air. Biasanya jika anda menggunakan kerikil di bagian dasarnya dan ternyata kerikil yang digunakan itu kurang bersih hal inilah yang dapat menyebabkan berkabut.

- Air yang Tidak Bersih
Ketika anda sudah mengganti air, kemudian munul kabut. Hal ini kemungkinan juga disebabkan oleh air yang kurang bersih.

- Populasi Bakteri Meningkat
Penyebab selanjutnya adalah adanya populasi bakteri yang meningkat, bakteri ini biasanya muncul karena adanya bahan organik yang menumpuk dan akhirnya memincu perkembangan bakteri dengan cepat dan dalam jumlah banyak.

Masih banyak lagi penyebab akuairum berkabut ini, setelah mengetahui apa saja penyebabnya. Lalui bagaimanakah cara mengatasi akuarium yang berkabut tersebut?

1. Perhatikan Pemberian Pakan Ikan
Untuk menghindari munculnya kabut di akuarium, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memperhatikan pemberian pakan ikan. Pastikan dalam memberi pakan ini dengan takaran yang pas sehingga sisa - sisa makanan tidak banyak. Karena sisa - sisa makanan yang menupuk inilah yang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri sehingga menyebabkan akuarium tersebut berkabut.

2. Jangan Ada Tanaman atau Ikan Mati di dalam Akuarium dalam Waktu yang Lama
Selanjutnya anda harus rutin melakukan pengecekan, jangan sampai ada tanaman dan ikan yang mati di dalam akuarium dalam waktu yang lama. Karena hal ini juga dapat menimbulkan kabut secara tidak langsung di akuarium tersebut.
Baca Juga:

3. Membersihkan Filter Secara Berkala
Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran di dalam akuarium sehingga nantinya akuarium tersebut menjadi bersih. Oleh karena itu agar tidak munbul kabut, sebaiknya lakukan pembersihan filter akuarium ini secara berkala.
Solusi Mengatasi Akuarium yang Berkabut dengan Mudah
Solusi Mengatasi Akuarium yang Berkabut dengan Mudah

Masih banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi akuarium berkabut ini, sesuaikan teknik dengan penyebabnya agar hasilnya maksimal. Demikian informasi mengenai solusi mengatasi akuarium yang berkabut dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat akuarium agar tidak berkabut dengan baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel