Beginilah Cara Memasang Saklar Lampu di Dinding yang Benar

Beginilah Cara Memasang Saklar Lampu di Dinding yang Benar - Saklar merupakan salah satu komponen listrik yang berfungsi untuk menyalakan dan  mematikan lampu dengan mudah. Jenis dan bentuk saklar lampu ini ada beberapa macam, salah satunya adalah saklar lampu yang menempel di dining. Kali ini kita akan membahas tentang cara pemasangan saklar lampu yang baik dan benar.

1. Persiapan Alat dan Bahan
Dalam pemasangan saklar lampu di dinding ini membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain:
- Saklar Lampu
- Kabel
- Obeng

2. Matikan Tegangan Alur Listrik
Dalam memasang saklar lampu, pastikan semua tegangan di rumah anda dalam keadaan mati. Caranya bisa dengan mematikan MCB di kwh meter. Lakukan pengetesan juga menggunakan tespen apakah aliran listrik masih menyala atau tidak.

3. Buka Saklar
Hal selanjutnya sebelum melakukan pemasangan kabel di saklar tersebut adalah dengan membuka saklar dengan cara melepas semua baut yang masih terpasang dengan menggunakan obeng. Sesuaikan jenis obeng yang digunakan apakah tipe minus atau plus.

4. Pemasangan Kabel
Setelah saklar terbuka, anda bisa langsung memasang kabel di saklar tersebut. Caranya adalah dengan memasukkan masing - masing ujung kabel di pin yang terdapat di dalam saklar. Pastikan pemasangan kabel ini rapi dan benar, perhatikan juga kabel tersebut apakah sudah kencang atau tidak. Karena jika tidak nantinya akan mudah lepas.

5. Uji Coba
Setelah kabel terpasang, anda dapat melakukan uji coba caranya adalah dengan menyalakan mcb kemudian posisikan saklar di tombol on. Jika lampu sudah menyala berarti proses pemasangan saklar ini berhasil, kemudian coba juga atur ke posisi off maka nantinya lampu akan mati. Selanjutnya matikan kembali MCB.

6. Pemasangan Saklar di Tembok
Setelah semua rangkaian saklar selesai, anda harus mengatur letak pemasangan saklar ini di tembok. Tujuannya adalah agar dalam menyalakan atau mematikan lampu dapat dilakukan dengan mudah. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut:

- Tentukan Letak Pemasangan
Tentukan dulu dimana letak pemasangan saklar tersebut, untuk letak ini sebaiknya yang mudah dijangkau. Perhatikan juga ketinggian saklar, jangan pasang di posisi terlalu tinggi dan juga terlalu rendah.

Baca Juga:

- Pasang Baut di Tembok
Biasanya saklar dinding ini dilengkapi dengan baut, nah agar saklar dapat terpasang di dinding dengan baik maka anda harus memasang baut tersebut. Pastikan pemasanganya kuat agar tidak mudah lepas nantinya.

cara memasang saklar lampu di tembok
cara memasang saklar lampu di tembok


Demikian informasi mengenai cara memasang saklar lampu di dinding yang benar, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan saklar lampu dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel