-->

Cara Bikin Pb atau Power Bank

Cara Bikin Pb atau Power Bank - Power bank atau sering disingkat pb merupakan salah satu jenis alat yang biasanya digunakan untuk charger hp. Dengan menggunakan alat ini kita dapat mengecas hp walaupun saat berpergian. Kali ini kita akan membahas tentang cara bikin pb atau power bank dengan mudah yang dapat anda praktekkan.

Untuk membuat pb ini ada beberapa proses antara lain persiapan baha, perakitan, dan uji coba. Berikut ini adalah penjelasan masing - masing prosesnya:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Baterai
- Pcb
- Kapasitor Elco
- Usb Female
- Diode
- Avo Meter

Pastikan baterai yang digunakan adalah jenis baterai yang ketika sudah habis nantinya bisa di charger kembali. Untuk jumlah baterai ini menyesuaikan dengan kebutuhan daya yang dihasilkan nantinya. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu kebutuhan dayanya agar dalam pembuatan bisa pas.

2. Proses Perakitan
- Penghubungan
Langkah awal adalah dengan menghungkan bagian vcc (+) ke kabel, kemudian hubungkan bagian gnd (-) ke bagian kabel yang lainnya.

- Berikan Dioda
Dioda ini berfungsi untuk menghindari arus balik di baterai agar tetap aman nantinya, Oleh karena itu pemasangan dioda ini wajib dilakukan.

- Pemasangan Kapasitor
Berbeda halnya dengan dioda tadi, untuk pemasnagan kapasitor ini boleh dilakukan dan juga boleh tidak. Karena fungsi kapasitor ini adalah untuk menjaga agar ic regulator bekerja dengan baik.

- Pemasangan Usb Female
Usb ini nantinya yang digunakan untuk memasukkan kabel usb agar dapat menghantarkan daya ke handphone. Pastikan pemasangannya benar agar dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga:

3. Uji Coba
Setelah semua tahapan proses perakitan selesai, anda dapat langsung melakukan uji coba menggunakan pc tersebut caranya adalah dengan mencolokkan kabel usb  ke dalam port usb di power bank. Jika di handphone muncul notifikasi pengisian baterai, maka proses pembuatan pb ini berhasil.

Cara Bikin Pb atau Power Bank
Cara Bikin Pb atau Power Bank


Demikian informasi mengenai cara bikin pb atau power bank, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan pc dengan mudah untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel