-->

Cara Menggunakan Busur Derajat Untuk Membuat Sudut

Cara Menggunakan Busur Derajat Untuk Membuat Sudut - Busur derajat atau yang sering disebut dengan penggaris busur merupakan salah satu jenis alat tulis yang berfungsi untuk membuat garis dengan sudut kemiringan tertentu. Dengan menggunakan busur derajat ini kita dapat membuat garis sesuai dengan ukuran. Nah jika anda sedang mencari tutorial tentang cara menggunakan busur derajat untuk membuat sudut berikut ini adalah informasinya.

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Dalam menggunakan busur derajat ini memerlukan alat tambahan antara lain:
- Pensil
Pastikan pensil yang digunakan berkualitas sehingga dalam pembuatan garis bisa lancar dan hasilnya bagus.
- Penghapus
Penghapus ini berfungsi untuk membersihkan jioka terjadi kesalahan atau coretan.
- Rautan Pensil
Ketika pensil anda sudah tidak bagus lagi, maka anda dapat merautnya agar nantinya bisa maksimal digunakan. Oleh karena itu untuk melakukan hal tersebut memerlukan rautan pensil.
- Kertas
Kertas ini digunakan sebagai media untuk menggambar sudut.

Dalam menggunakan busur derajat ini ada beberapa hal antara lain:


1. Mengetahui Jenis Penggaris Sudut
Penggaris sudut ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis seperti sudut lancip, tumpul dan siku - siku. Dari masing - masing jenis itu mempunyai fungsi tersendiri. Jadi sebelum digunakan tentukan dulu bentuk seperti apa yang ingin dibuat. 

2. Menentukan Titik Tengah Sudur Busur Sebagai Titik Pangkal
Untuk mempermudah proses pembuatan sudut, maka sebiknya tentukan titik tengah penggaris busur itu sebagai titik pangkal, sehingga nantinya kita dapat mudah untuk menggambar besaran sudut sesuai yang diinginkan.

Baca Juga:

3. Mencari Nilai Derajat Sesuai dengan yang diinginkan
Selanjutnya anda tinggal mencari nilai derajat yang diinginkan. Caranya mudah saja, anda tinggal mencari sesuai angka yang sudah tertera di busur derajat tersebut.

Cara Menggunakan Busur Derajat Untuk Membuat Sudut
Cara Menggunakan Busur Derajat Untuk Membuat Sudut


Jadi, untuk menggunakan busur derajat ini mudah sekali. Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti besaran sudut yang diinginkan serta titik pangkal garisnya. Demikian informasi mengenai cara menggunakan busur derajat untuk membuat sudut, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara membuat macam - macam sudut dengan busur derajat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel