-->

Tutorial Cara Menggunakan Oven Kompor Untuk Pemula

Tutorial Cara Menggunakan Oven Kompor Untuk Pemula - Salah satu peralatan rumah tangga yang memudahkan dalam pembuatan kue dan lain sebagainya adalah oven. Namun jika anda baru menggunakan oven kompor ini dan tidak tahu caranya berikut ini adalah tutorial tentang cara menggunakan oven kompor yang baik dan benar untuk pemula.

Sebelum lanjut ke proses penggunaan, mari kita ketahui dulu apa saja persiapan sebelum menggunakan oven kompor ini antara lain:

- Perhatikan Penempatan
Dalam menempatkan oven kompor ini haruslah tepat, karena oven jenis ini berbeda dengan oven listrik yang dapat menyerap panas sendiri. Oleh karena itu anda perlu memerhatikan posisi penempatan oven tersebut. Misalnya anda letakkan di dekat dinding, maka anda harus memberika jarak antara oven dan dinding. Tujuannya adalah agar hawa panas yang di timbulkan dapat lewat dengan mudah.

- Perhatikan Alas
Untuk menempatkan oven kompor ini jangan langsung bersentuhan dengan lantai, anda perlu memberikan  ganjalan batu bata agar suhu panas di oven kompor tersebut dapat merata.

- Nyalakan Oven Kompor Beberapa Kali
Jika anda baru saja membeli oven kompor ini sebaiknya jangan langsung digunakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu menghilangkan bau gosong dengan cara menyalakannya beberapa kali sampai bau gosong tersebut hilang dengan sendirinya.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mempunyai oven kompor baru, selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan oven kompor yang baik dan benar khsususnya untuk pemula yang belum pernah memakainya.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Langkah awal adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:
- Oven kompor
- Adonan Kue
- Air
- Termometer Khusu Oven

2. Menyalakan Oven Kompor
Setelah semua persiapan selesai, anda dapat langsung memulai menyalakan oven kompor.

3. Memasang Termometer Khusus Oven
Berbeda halnya dengan oven listrik, oven kompor ini tidak dilengkapi dengan keterangan suhu. Oleh karena itu anda perlu membeli termometer khusus oven tambahan agar kita tahu seberapa suhu yang dihasilkan. Dengan begitu kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, dan membuat kue yang kita buat matang dengan baik.

4. Letakkan Air di Bagian Bawah Oven Kompor
Agar oven kompor panasnya merata, anda dapat menambahkan air di bagian bahwa oven kompor ini.

5. Pengecekan Secara Berkala
Berbeda dengan oven listrik, jika anda menggunakan oven kompor ini maka sebaiknya pengecekan secara rutin harus dilakukan. Karena kompor jenis ini tidak memiliki timer sehingga jika kelamaan maka tentunya akan membuat makanan tersebut gosong.

Baca Juga:

6. Mematikan Oven Kompor
Setelah proses selesai, maka anda harus mematikan oven kompor tersebut. Pastikan tutup oven dibiarkan dalam keadaan terbuka agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

Tutorial Cara Menggunakan Oven Kompor Untuk Pemula
Tutorial Cara Menggunakan Oven Kompor Untuk Pemula


Jadi, jika anda belum tahu tentang cara menggunakan oven kompor ikutilah beberapa tips diatas. Demikian informasi mengenai cara menggunakan oven kompor untuk pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips menggunakan oven kompor untuk membuat kue.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel