-->

Cara Membuat Jarum Sol Sepatu Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Jarum Sol Sepatu Sendiri dengan Mudah - Ketika mau sol sepatu, maka alat yang utama adalah jarum sol itu sendiri. Karena dengan adanya jarum ini kita dapat memasukkan benang ke dalam sepatu dengan mudah. Kali ini kita akan memberikan beberapa tips tentang cara membuat jarum sol sepatu dengan mudah, hal ini bisa kamu praktekkan apabila kamu tidak mempunyai jarum sol sepatu dan ingin membuatnya sendiri di rumah.

Dalam membuat jarum sol sepatu ini membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain sebagai berikut:

- Kawat Besi Kecil
- Kayu
- Tang
- Palu

 1. Proses Pemotongan
Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memotong kawat besi sesuai dengan yang diinginkan apabila ukuran kawat besi tersebut masih panjang sekali. Untuk memotong kawat besi ini kamu dapat menggunakan tang.

2. Pelancipan Ujung Kawat
Agar nantinya dapat memasukkan benang ke dalam sepatu dengan mudah, maka kamu harus melakukan pelancipan di bagian ujung kawat tersebut. Untuk membuat ujung kawit menjadi lancip salah satu caranya adalah dengan melakukan pemukulan dengan menggunakan palu. Pastikan kamu juga sudah mempersiapkan landasannya bisa dari batu atau palu.

3. Pemasangan Gagang
Agar memudahkan penggunaan jarum tersebut, maka sebaiknya pasanglah gagang. Karena di gagang inilah nantinya kita memegangnya. Oleh karena itu sebaiknya buatlah gagang yang nyaman saat digunakan . Untuk membuat gagang ini kamu bisa menggunakan kayu namun yang mempunyai permukaan halus.

4. Pembuatan Lubang di Gagang
Lubang ini berguna untuk pemasangan jarum sol sepatu yang sudah dibuat sebelumnya, karena nantinya jarum tersebut akan dimasukkan ke dalam gagang kayu agar kuat. Untuk membuat lubang ini banyak sekali caranya, bisa dengan menggunakan paku, alat bor dan masih banyak lagi teknik lainnnya.

Baca Juga:

5. Pemasangan Jarum Sol ke Gagang
Jika semua proses diatas sudah dilakukan, langkah terakhir adalah dengan memasukkan jarum sol yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam lubang yang terdapat di gagangnya.

Cara Membuat Jarum Sol Sepatu Sendiri dengan Mudah
Cara Membuat Jarum Sol Sepatu Sendiri dengan Mudah


Jadi, pembuatan jarum sol sepatu ini bisa kamu coba praktekkan sendiri di rumah apabila kamu tidak mempunyai jarum sol. Nah itulah cara membuat jarum sol sendiri, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips mengesol sepatu untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel