-->

Cara Membuat Saringan Pasir dari Kawat Ram

Cara Membuat Saringan Pasir dari Kawat Ram - Pasir merupakan salah satu bahan bangunan yang penting dalam membuat dinding beton, pengecoran, pemasangan bata, keramik dan lain sebagainya. Ketika anda ingin memasang keramik, maka pasir yang digunakan adalah yang lembut dan bersih dari kerikil. Oleh karena itu kita perlu melakukan penyaringan. Dalam menyaring ini banyak sekali alatnya, namun jenis alat yang dapat anda gunakan dan buat sendiri adalah dari bahan kawat ram.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat saringan pasri dari kawat ram. Untuk proses pembuatan saringan ini ada beberapa tahapan seperti alat dan bahan, pemotongan bahan, perakitan dan finishing. Berikut ini adalah penjelasan masing - masing prosesnya.

1. Persiapan Alat dan Bahan
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat saringan pasir ini kita harus menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Kawat Ram
- Gunting
- Kayu
- Paku
- Palu
- Gergaji
- dll

2. Pemotongan Bahan
Hal selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan bahan yang akan dijadikan saringan pasir ini, ukurlah masing - masing bahan sesuai dengan bentuk yang ingin dibuat. Untuk memotong kawat ram anda dapat melihatnya di artikel sebelumnya. Adapun untuk memotong kayu anda dapat menggunakan gergaji.

3. Bentangkan Kawat Ram
Sebelum dirangkai, anda perlu membentangkan kawat ram tersebut. Pastikan tidak ada bagian yang terlipat. Karena jika hal itu ada, maka dapat membuat kinerja saringan pasir ini tidak maksimal.

4. Pemasangan Kayu
Kayu ini berfungsi agar kawat ram yang sudah dibentangkan tadi tidak mudah terlipat. Selain itu dengan adanya kayu di masing - masing pinggi kawat ram memudahkan kita dalam menyaring pasir tersebut. Untuk pemasangan kawat ram di kayu dapat menggunakan paku dan paku untuk memasukkannya.

Baca Juga:

5. Penggunaan
Setelah semua tahapan pembuatan saringan pasir selesai, anda dapat langsung menggunakan saringan pasir itu. Adapun caranya adalah dengan mengatur saringan pasir agar berdiri agak miring. Untuk menyaring pasirnya sendiri anda harus melewatkan pasir dari sisi A ke B melalui kawat ram tersebut. Maka secara otomatis, pasir yang lembut akan beralih ke sisi B dan yang terdapat kerikilnya ada di Sisi A.

Cara Membuat Saringan Pasir dari Kawat Ram
Cara Membuat Saringan Pasir dari Kawat Ram


Itulah caranya untuk menyaring pasir untuk memasang keramik, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan saringan dari kawat ram dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel