-->

Cara Memotong Besi Hollow dengan Gerinda

Cara Memotong Besi Hollow dengan Gerinda - Besi hollow biasanya digunakan untuk membuat plafon rumah, dengan menggunakan bahan ini pembuatan plafon akan lebih cepat. Dalam proses pembuatan biasanya butuh pemotongan. Lalu bagaimana caranya memotong besi hollow ini? Kali ini kita akan memberikan beberapa tips tentang teknik pemotongan besi hollow menggunakan mesin gerinda yang dapat kamu coba.

Mengapa menggunakan mesin gerinda? Karena mesin ini memang difungsikan untuk melakukan  pemotongan seperi kawat, besi dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam memotong besi hollow dengan menggunakan gerinda yang dapat anda praktekkan.

Langkah - Langkah Memotong Besi Hollow


1. Persiapkan Alat dan Bahan
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memotong besi hollow ini antara lain:
- Mesin Gerinda
- Besi Hollow
- Spidol
- Alat Ukur Meteran

2. Lakukan Pengukuran
Hal selanjutnya adalah kamu harus melakukan pengukuran sesuai dengan kebutuhan. Pengukuran ini penting, karena tanpa dilakukan ini dulu maka besi hollow yang dipotong tidak dapat digunakan.

3. Tandai Area Pemotongan
Agar tidak lupa, maka kamu perlu menandai area mana saja yang akan di lakukan pemotongan. Untuk menandai area pemotongan kamu dapat menggunakan spidol.

4. Nyalakan Mesin Gerinda
Jika semua tahapan diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu dengan menyelakan mesin gerinda. Caranya adalah dengan menancapkan kabel mesin gerinda ke dalam stop kontak yang sudah ada aliran listriknya.

5. Atur Posisi Gerinda dengan Baik
Agar memudahkan proses pemotongan, aturlah posisi gerinda tersebut dengan baik. Kamu dapat mengganjal bagian besi hollow agar mempermudah proses pemotongan. Jangan lupa selama proses pemotongan menggunakan mesin gerinda berlangsung pegang besi hollow dengan baik. Selain itu selalu gunakan alat keselamatan, mengingat mesin gerinda ini sangat berbahaya.

6. Dekatkan Mesin Gerinda di Garis yang Sudah dibuat Sebelumnya
Selanjutnya dekatkan mesin gerinda tersebut tepat di garis yang sudah dibuat sebelumnya. 

7. Buat Gerakan Maju dan Mundur
Untuk memotong besi hollow ini kamu harus menggerkan gerinda kearah maju dan mundur, maka pelan - pelan besi yang utuh akan terpotong dengan sendirinya.

Baca Juga:

8. Rapikan Potongan
Jika terdapat bagian yang kurang rapi, maka kamu perlu rapikan dulu.

Cara Memotong Besi Hollow dengan Gerinda
Cara Memotong Besi Hollow dengan Gerinda


Nah itulah cara memotong besi hollow dengan mesin gerinda, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips pemotongan macam - macam besi dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel