-->

Cara Mengecek Kualiatas Kayu Jati dengan Mudah

Cara Mengecek Kualiatas Kayu Jati dengan Mudah - Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat perabotan rumah seperti meja, kursi dan lain sebagainya. Banyak sekali keunggulan kayu jati dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin menggunakan kayu jati untuk membuat furniture. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan kualitas kayu itu sendiri. Karena apabila ternayata kayu jati yang kamu gunakan mempunyai kualitas yang kurang bagus akan membuat furniture yang dibuat tentunya kurang bagus juga.

Kali ini kita akan memberikan beberapa tips cara mengecek kualitas kayu jati dengan mudah yang dapat kamu lakukan sebelum memutuskan menggunakan kayu tersebut. Berikut ini adalah langkah pengecekan kayu jati.

1. Umur Kayu Jati
Usia kayu jati ini juga berpengaruh terhadap kualitsnya. Sebaiknya gunakan kayu kati yang sudah berumur, karena dengan usia yang cukup kualitas kayu akan semakin bagus dengan begitu ketika dijadikan perabotan akan awet dan tidak mudah dimakan rayap.

2. Memilih Diameter Kayu
Pemilihan diameter ini juga penting, karena dengan ukuran diameter yang sesuai dengan perabotan yang akan dibuat maka kita tidak perlu melakukan penyambungan. Dengan begitu furniture yang dihasilkan akan terlihat rapi.

3. Perhatikan Jumlah Mata Kayu
Hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih kayu jati untuk dijadikan perabotan adalah dengan memperhatikan jumlah mata kayu. Karena dengan adanya mata kayu ini akan menyebabkan timbulnya retak. Gunakanlah kayu jati yang mempunyai mata kayu berjumlah sedikit.

Baca Juga:

4. Pehatikan Ciri Fisik Kayu
Hal yang mudah untuk menentukan kayu itu bagus atau tidak adalah dengan memerhatikan ciri fisik kayu tersebut. Ciri fisik disini berupa bentuk kayu tersebut, apakah dalam keadaan lurung, melengkung, menyusut dan lain sebagainya. Kayu jati yang bagus adalah tidak terdapat beberapa kekurangan tersebut.

Cara Mengecek Kualiatas Kayu Jati dengan Mudah
Cara Mengecek Kualiatas Kayu Jati dengan Mudah


Itulah beberapa tips yang dapat kamu praktekkan untuk mengecek kualitas kayu jati dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips menilai kualitas kayu untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel