-->

Tutorial Cara Membuat Sapu Lidi Untuk Pemula

Tutorial Cara Membuat Sapu Lidi Untuk Pemula - Sapu merupakan salah satu alat kebersihan rumah yang wajib ada. Karena dengan menggunakan sapu ini kita dapat membersihkan debu yang ada di lantai rumah dengan mudah. Saat ini jenis sapu ada beberapa macam salah satunya adalah sapu lidi.

Kali ini kita akan memberikan tutorial tentang bagaimana caranya untuk membuat sapu lidi dari pelepah daun kelapa dengan mudah. Jadi bagi kamu yang pemula dalam pembuatan dan sedang mencari tutorialnya bisa mengikuti langkah - langkah berikut ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat sapu lidi ini adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan antara lain:
- Pelepan Daun Kelapa
- Tali
- Pisau
- Kayu

2. Ambil Pelepah dari Kelapa
Langkah selanjutnya kamu tinggal mengambil pelepah yang ada di kelapa. Untuk mengambilnya bisa menggunakan  pisau atau yang lainnya. Karena bahan untuk membuat sapu lidi adalah ini, oleh karena itu pastikan pelepah yang kamu gunakan mempunyai kualitas yang bagus agar sapu lidi yang hasilnya berkualitas.

3. Bersihkan Daun yang Berada di Pelepah Kelapa
Pelepah yang baru diambil masih ada daunnya, untuk membuat sapu lidi kamu harus membersihkan daun - daun tesebut menggunakan pisau atau alat lainnya.

4. Jemur Lidi Terlebih Dahulu
Meskipun kamu dapat melewati langkah ini, namun di tahap ini akan membuat sapu yang dihasilkan akan semakin bagus.

5. Kumpulakan Lidi Menjadi Satu
Jika lidi sudah siap, kumpulkan lidi - lidi tersebut menjadi satu. 

6. Masukkan Kayu Sebagai Gagang
Kayu ini digunakan untuk memudahkan kita dalam menggunakan sapu lidi tersebut, sebaiknya kayu yang digunakan mempunyai ketinggian yang pas dengan tinggi badan, dengan begitu ketika menggunakan sapu tersebut tidak cepat capek.

5. Lakukan Pengikatan
Setelah semua tahapan diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengikatan di lidi yang sudah dikumpulkan tadi. Untuk satu ikatan kamu bisa menggunakan lidi dengan jumlah 70 atau lebih ini tergantung selera.  Ikatkalah dengan menggunakan tali yang kuat agar ketika digunakan tidak mudah lepas.

Baca Juga:

6. Sapu Lidi Siap digunakan
Kini sapu lidi buatan sendiri bisa langsung digunakan.

Tutorial Cara Membuat Sapu Lidi Untuk Pemula
Tutorial Cara Membuat Sapu Lidi Untuk Pemula


Itulah cara membuat sapu lidi untuk pemula, diharapkan dengan adanya informasi dapat menambah wawasan kamu tentang tutorial pembuatan sapu lidi dari kelapa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel