-->

Cara Membuat Roskam Kayu dengan Mudah

Cara Membuat Roskam Kayu dengan Mudah - Roskam merupakan salah satu alat bangunan yang digunakan untuk membuat plesteran dinding. Dengan adanya alat ini dinding yang sedang di plester akan halus. Saat ini alat jorkam ini banyak tersedia di toko - toko yang menjual berbagai alat pertukangan.

Namun jika kamu ingin membuanya sendiri ini adalah tutorialnya, kali ini kita akan memberikan beberapa tutorial tentang cara membuat roskam kayu bagi pemula.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Untuk membuat roskam kayu ini memerlukan beberapa alat dan bahan pendukung antara lain:
- Kayu
- Gergaji
- Paku
- Amplas
- Alat Pasah

2. Tentukan Konsep Roskam yang Akan dibuat
Setelah itu kamu harus menentukan konsep roskam yang akan dibuat, konsep ini meliputi ukuran, bentuk dan lain sebagainya. 

3. Lakukan Pemotongan Kayu
Untuk membuat roskam kayu ini ada 2 bagian yaitu bagian bawah dan pegangan. Untuk bagian bawah ini kamu dapat gunakan papan, sedangkan untuk gagangnya kamu dapat gunakan kayu yang mempunyai bentuk gilik. Lakukan pemotongan kayu tersebut membentuk pola seperti dibawah ini:

Bagian Bawah
Bagian Gagang
Bagian Gagang


4. Pasah Hingga Halus
Roskam harus dibentuk sangat halus, karena hal ini akan berpengaruh dengan kinerjanya. Oleh karena itu untuk menghaluskan kayu itu dapat menggunakan alat pasah. Pastikan semua bagian dilakukan proses ini agar menjadi halus nantinya.

5. Lakukan Pengamplasan
Selanjutnya lakukan pengamplasan dengan amplas yang sudah disiapkan sebelumnya. Proses pengamplasan ini bertujuan untuk menghasulkan lagi kayu tersebut.

Baca Juga:

6. Perakitan
Setelah semua bagian sudah siap, kamu dapat langsung merakit masing - masing bagian menjadi bentuk roskam. Untuk merangkainya dapat menggunakan paku. Namun dalam pemasangan paku tidak boleh ada bagian yang masih menonjol, karena hal ini dapat menyebabkan roskam tidak dapat menghasilkan plesteran yang bagus saat digunakan nantinya.

Cara Membuat Roskam Kayu dengan Mudah
Cara Membuat Roskam Kayu dengan Mudah


Itulah beberapa tutorial tentang cara membuat roskam kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips pembuatan roskam untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel