-->

Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angkanya Hilang

Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angkanya Hilang - Jam tipe digital merupakan salah satu jenis jam yang ketika menyala menampilkan angka. Berbeda dengan jam analog yang ketika hidup ditunjukkan dengan gerakan jarum jam. Salah satu jenis kerusakan yang sering dialami adalah angka di jam analog tidak muncul.

Biasanya penyebab jam analog tidak muncul ini banyak sekali, salah satunya adalah karena terkena dengan air. Nah kali ini kita akan memberikan beberapa tips tentang cara memperbaiki jam dinding yang angkanya hilang karena terkena air dengan mudah.

Untuk proses perbaikan ini siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu antara lain:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah awal adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan yang nantinya dibutuhkan untuk memperbaiki jam digital ini antara lain:
- Kain Lap
- Obeng
- Pisau

2. Bongkar Penutup Belakang Jam
Sebuah jam tangan sudah dilengkapi dengan penutup di bagian belakang yang berguna untuk menutupi mesin jam tersebut. Untuk memperbaiki jam digital yang angkanya hilang adalah dengan cara membuka penutup belakang terlebih dahulu, teknik yang dapat gunakan adalah dengan mencongkel memakai pisau atau alat pipih lainnya. Namun dalam proses ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, agar tidak merusak penutup jam tersebut nantinya.

3. Mengelap Air yang Ada
Jika terdapat banyak air di dalam mesin jam tersebut, lakukan pengelapan dengan kain lap yang kering. Pastikan air yang ada di mesin jam hilang semua. Lakukan pengelapan ini dengan hati - hati, karena di dalam mesin jam tersebut terdapat komponen yang mudah sekali rusak.

4. Angin - Anginkan
Proses pengelapan saja belum tentu jam menjadi kering, oleh karena itu kamu juga harus mengangin - anginkan terlebih dahulu. Agar sisa - sisa air yang menempel dapat kering secara sempurna.

Baca Juga:

5. Pasang Jam Seperti Semula
Setelah  semua proses diatas sudah dilakukan, langkah terakhir kamu tinggal memasang kembali semua komponen jam seperti semula.

Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angkanya Hilang
Cara Memperbaiki Jam Digital yang Angkanya Hilang


Biasanya setelah proses ini jam akan menyala seperti semula dan angka yang hilang tadi sudah muncul  kembali. Demikian informasi mengenai cara memperbaiki jam digital yang angkanya hilang, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips perbaikan jam yang terkena air dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel