Cara Mencuci Serta Menyimpan Kain Batik Agar Tidak Mudah Luntur

Cara Mencuci Serta Menyimpan Kain Batik Agar Tidak Mudah Luntur - Kain batik dapat digunakan untuk membuat berbagai macam model pakaian seperti kemeja dan lain sebagainya. Jika kamu sudah memiliki kain batik dan belum tahu cara merawatnya berikut ini adalah tutorialnya. Karena dengan cara perawatan yang salah akan membuat kain tersebut akan mudah rusak.

Untuk merawat kain batik ini ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan antara lain sebagai berikut:

1. Cara Pencucian
Cara perawatan pertama adalah dengan memilih teknik pencucian. Karena teknik pencucian yang salah akan membuat kain batik cepat rusak. Untuk melakukan pencucian kain batik ini sangat disarankan dengan menggunakan teknik manual. Karena apabila menggunakan mesin cuci dapat menyebabkan mudah rusak.

2. Pemilihan Sabun atau Deterjen
Khusus untuk mencuci kin batik, sebaiknya gunakanlah sabun atau deterjen khusus untuk pencucian kain batik ini.

3. Cara Penyimpanan
Untuk menyimpan kain batik ini pastikan kamu menggunakan lemari yang rapat agar debu tidak menempel di kain tersebut.

4. Gunakan Merica di dalam Almari
Untuk menyimpan kain batik, sebaiknya gunaknalh merica. Karena dengan merica ini akan membuat kain batik kamu menjadi lebih awet.

Baca Juga:
5.  Perhatikan Cara Pelipatan
Apabila kamu mempunyai kain batik dan ingin menyimpannya. Sebaiknya jangan simpan kain batik dalam kondisi dilipat. Karena hal ini akan menimbulkan bekas di kain batik, selain itu dengan lipatan ini akan membuat motif kain batik menjadi kurang bagus.

Cara Mencuci Serta Menyimpan Kain Batik Agar Tidak Mudah Luntur
Cara Mencuci Serta Menyimpan Kain Batik Agar Tidak Mudah Luntur


Jadi, apabila kamu mempunyai kain batik gunakanlah cara diatas untuk mencuci dan merawat kain batik agar lebih awet. Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips pencucian dan penyimpanan khusus kain batik tulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel