Cara Mengatasi Partisi Hardisk Tidak Bisa di Buka Karena RAW

Cara Mengatasi Partisi Hardisk Tidak Bisa di Buka Karena RAW - Hardisk merupakan salah satu komponen di komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting. Karena di komponen inilah kita dapat menyimpan file serta data aplikasi. Biasanya hardisk ini ketika di komputer di partisi dengan beberapa jenis, misalnya Local Disk C, D dan E. Namun apabila secara tiba - tiba salah satu partisi tidak bisa dibuka dan ternyata setelah di cek di disk management partisi tersebut berubah menjadi RAW maka tutorial berikut ini bisa anda ikuti.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi partisi hardisk yang tidak bisa dibuka tanpa menggunakan software tambahan:

1. Buka Cmd
Pertama - tama buka aplikasi cmd yang sudah disediakan oleh windows. 

2. Klik Kanan Run As Administrator
Setelah itu klik kanan kemudian run as administrator

3. Ketikan Chkdsk ( drive ) /f
Setelah aplikasi cmd sudah tersebut sudah terbuka selanjutnya ketikkan chkdsk kemudian diikuti dengan nama drivenya. Misalnya partisi yang bermasalah tadi di E maka yang harus anda ketikkan adalah chkdsk : /F. kemudian Enter.

4. Tunggu Hingga Prosesnya Selesai
Tunggulah hingga proses ini selesai. Proses ini membutuhkan waktu yang lumayan lama tergantung dengan isi dari partisi hardisk tersebut. 

5. Coba Cek Disk Management
Setelah proses diatas sudah selesai, selanjutnya cek kembali disk management. Apakah sudah berubah menjadi NTFS atau masih RAW. Jika sudah berubah menjadi NTFS berarti proses mengubah hardiks RAW menjadi NTFS ini berhasil.

Baca Juga:

6. Coba Akses Partis yang Bermasalah Tadi
Langkah terakhir cobalah akses partisi yang bermasalah tadi, jika berhasil terbuka dan data - data yang di dalamnya masih ada berarti proses perbaikan partisi hardisk yang rusak ini berhasil.

Cara Mengatasi Partisi Hardisk Tidak Bisa di Buka Karena RAW
Cara Mengatasi Partisi Hardisk Tidak Bisa di Buka Karena RAW


Demikian informasi mengenai cara mengatasi partisi hardisk tidak bisa di buka karena RAW, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips penanganan hardisk yang rusak atau error dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel