Cara Menggunakan Lem Silikon Untuk Membuat Aquarium

Cara Menggunakan Lem Silikon Untuk Membuat Aquarium - Aquarium merupakan salah satu media untuk memlihara ikan, biasanya aquarium ini terbuat dari kaca. Saat proses pembuatan aquarium ini diperlukan beberapa alat dan bahan salah satunya adalah lem. Jenis lem yang digunakan untuk pengeleman kaca sangat berbeda dengan lem kayu dan lain sebagainya. Lem aquarium ini biasa dinamakan dengan lem silikon.

Dalam penggunaan lem ini ada beberapa keuntungan seperti hasil pengeleman lebih rapat, lebih tahan terhadap air dan terlihat lebih rapi. Adapun beberala langkah untuk menggunakan lem silikon adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Pola Aquarium yang akan dibuat
Langkah pertama buatlah pola aquarium yang akan dibuat. Dalam pembuatan pola ini siapkan juga kaca yang akan digunakan.

2. Lakukan  Pemotongan Kaca Sesuai Pola
Selanjutnya potonglah kaca tersebut sesuai dengan pola yang diinginkan. Untuk memotong kaca ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

3. Atur Posisinya
Sebelum dilakukan pengeleman, aturlah posisi kaca tersebut sesuai dengan pola yang diinginkan. Apabila terasa sulit, anda bisa meminta tolong teman untuk memegangnya. Karena dengan begitu pross pengeleman akan lebih efektif.

4. Oleskan Lem di Area yang Sudah di Tentukan
Jika sudah siap, segera oleskan lem tersebut di semua area yang sudah ditentukan. Perhatikan banyaknya lem jangan sampai dalam memberikan lem terlalu banyak. Karena hal ini akan membuat aquarium tersebut kurang rapi. Sebaliknya apabila lem yang diberikan hanya sedikit, dapat membuat kaca tidak merekat dengan kuat satu dengan yang lainnya. 

5. Diamkan Hingga Kering
Setelah lem sudah diaplikasikan, diamkan hingga lem tersebut mengering. Untuk tahap ini pastikan tidak ada goncangan atau pergeseran kaca. Karena hal ini akan membuat proses pengeleman kurang maksimal hasilnya.

6. Ulangi Langkah di atas ke Seluruh Area
Ulangilah langkah diatas ke seluruh area pola aquarium.

Baca Juga:

7. Uji Coba Kebocoran
Setelah bentuk aquarium sudah selesai, anda dapat melalukan pengetesan apakah terjadi kebocoran ataukah tidak. Caranya adalah isilah aquarium tersebut dengan air, kemudian amati apakah terdapat air yang menets atau tidak. Jika ada anda dapat memberikan lem di bagian tersebut.

Itulah beberapa langkah untuk menggunakan lem silikon, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kamu tentang tips pengeleman aquarium menggunakan lem silikon.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel