Kumpulan Cara Memperbaiki Mesin Las Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Kumpulan Cara Memperbaiki Mesin Las Berdasarkan Jenis Kerusakannya - Mesin  las merupakan salah satu alat yang digunakan untuk proses pembuatan pagar, pintu dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara kerja mesin ini adalah untuk menyambung besi satu dengan yang lainnya sehingga akan dihasilkan bentuk yang diinginkan.

Seperti halnya mesin pada umumnya, mesin las ini juga dapat mengalami kerusakan. Adapun beberapa kerusakan yang biasa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Mesin Las Mati Total
Kerusakan mesin las yang paling parah adalah mesin tersebut tidak bisa di nyalakan sekali, jika anda mengalami hal ini maka jangan buru - buru untuk membeli yang baru. Karena kerusakan ini bisa anda coba untuk memperbaikinya, Adapun cara memperbaiki mesin las yang mati total adalah sebagai berikut:

- Cek Power Cord Mesin Las
Di sebuah mesin las terdapat banyak sekali komponen, jika terdapat komponen yang rusak maka akan membuat mesin las tersebut tidak bisa dinyalakan. Salah satunya adalah bagian power cord ini, maka dari itu apabila mesin las anda tidak bisa dinyalakan dan mati total silahkan coba cek bagian power cordnya.

- Cek Kabel Input Power
Mesin las listrik ini memerlukan daya listrik agar dapat menyala secara maksimal, apabila terdapat kerusakan di bagian kabel input maka efeknya adalah mesin las tersebut tidak bisa menyala atau mati total.

- Cek Saklar
Untuk menyalakan dan mematikan mesin las lisrtrik ini biasanya dengan cara menghidupkan melalui saklar on / offf. Apabila bagian ini rusak, maka hasilnya adalah mesin las tidak akan menyala.

 2. Mesin Menyala Tapi Tidak Bekerja
Permasalahan ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya mesin las mati total, kali ini mesin las bisa hidup dan ditandai dengan lampu - lampu indikator yang bisa menyala. Namun ketika digunakan untuk mengelas tidak bisa. Apabila anda mengalami hal ini lakukan teknik berikut ini:

- Cek Rangkaian Auxilary 
Pertama - tama lakukan pengecekan terhadap rangkaian auxilary di dalam mesin las tersebut. Jika terdapat ada kerusakan anda dapat melakukan perbaikan agar mesin las dapat digunakan kembali dengan normal.

- Cek Tegangan Listrik
Tegangan listrik dapat berpengaruh terhadap kinerja mesin las, apabila tegangan kurang atau turun bisa menyebabkan permasalah mesin las yang tidak bisa bekerja.

Baca Juga:

Tentunya masih banyak lagi permasalahan mesin las yang rusak, jadi untuk memperbaiknya sesuaikanlah penyebab kerusakan tersebut. Hal  yang penting adalah pengecekan secara detail sebelum melakukan perbaikan, agar ketika proses perbaikan berlangsung bisa pas dan pada akhirnya mesin las bisa digunakan kembali secara normal.

Kumpulan Cara Memperbaiki Mesin Las Berdasarkan Jenis Kerusakannya
Kumpulan Cara Memperbaiki Mesin Las Berdasarkan Jenis Kerusakannya


Demikian informasi mengenai cara memperbaiki mesin las berdasarkan jenis kerusakannya, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perbaikan mesin las yang rusak dengan mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel