Sukses Ternak Kelinci dengan Modal 500 rb

Sukses  Ternak Kelinci dengan Modal 500 rb - Kelinci sat ini banyak dipelihara, karena hewan ini terkenal sangat jinak serta bersahabat untuk anak - anak. Terdapat dua jenis kelinci yaitu kelinci hias dan kelinci budidaya. disebut kelinci budidaya karena kelinci dimanfaatkaan daging serta kulit atau bulunya, sedangkan disebut kelinci hias karena kelinci ini memiliki bentuk yang unik serta sangat cocok untuk hewan kesayangan. Namun kali ini kita akan membahas sukses ternak kelinci dengan modal 500 rb dengan cara budidaya.


Macam - Macam Kelinci yang cocok untuk dibudidayakan:

Kelinci budidaya yang dapat digunakan utamanya adalah, daging, kulit serta bulunya. banyka jenis kelinci, banyakk juga perbedaan serta keunggulannya, ada yang unggul di daging, adaa pulsa yang kulit dan bulunya.

Langkah - Langkah sukses ternak kelinci :

Membuat Kandang

Tentukan dulu, jenis kandangnya mau yang outdoor atau yang indoor.  Kandang outdoor adalah kandang yang terletak di hamparan di luar yang sekelilingnya di beri pagar, dengan kandang outdoor ini apat berkeliaran secara lebih luas, namun jika pakai kandang ini yang diperlukan adalah hamparan tanah yang kosong atau tidak digunakan. Sedangkan kandang indoor adalah sebuah kandang yang dibuat dan ditaruh di dalam rumah. kandang indoor ini bisa terbuat dari kayu,bambu ataupun kawat. 
Pastikan letak kandan aman dari binatang buas, serta memiliki temperatur yang baik.

Pilih Indukan yang Unggul

Setelah kandang terbuat, selanjutnya addalah memilih indukan yang unnggul, hal ini dimaksudkan agar hasil dari anakan berfisat unggul. Berikut ini beberapa ciri- ciri indukan yang unggul:
  • Pastikan memiliki riwayat kesehatan yang baik
  • Bobot tubuh: Betina= 4-5 Kg, Jantan= 3-5 Kg
  • Mata Cerah
  • Bulu bersih
  • Punggung tidak cekung

Baca Juga: Cara Sukses Ternak Ayam Kampung

 Pemberian Pakan

Kelinci sangat suka dengan makanan hijau -hijauan. seperti: Rumput, dedaunan, kangkung,wortel dll, untuk ternak kita bisa juga memanfaatkan konsentrat serta di tambah vitamin supaya kekebalan tubuh meningkat supaya tidak mudah terserang penyakit.

Sebaiknya sebelum dikasihkan, pakan hijauan tersebut di layukan terlebih dahulu agar kelinci tidak kembung.  Kelinci muda membutuhkan 20 % dari total pakan, sedangkan kelinci dewasa membutuhkan 60 % hijauan dari total pakannya. Beri jeda antara pakan konsentrat dan pakan hijauan, misalnya pakan kosnetrat diberikan di pagi hari, hijauan berikan di siang hari, begitu pula sebaliknya.

Proses Mengawinkan Kelinci

Ketika kelinci sudah mencapai umur 6 - 12 bulan, maka sudah saatnya kelinci tersebut untuk berkembang biak. Cara mengawinka kelinci ada 2 cara yaiut:
  • Perkawinan Kelompok
Cari ini dengan menaruh bebeapa pejantan dan betina dalam  satu kandang.
  •  Berpasangan
Berbeda dengan pekawinan kelompok tadi, cara berpasangan ini yaitu dengan cara hanya memasukkan 1 betina dan 1 jantan dalam satu kandang, namun ketika tidak cocok bisa digantikan dengan pejantan lainnya.

Proses Panen Kelinci

Ketika semua proses dilalui dalam ternak kelinci saatnya adalah proses pemanenan. tidak ada waktu khusus untuk proses panen ini, karena biasaanya anakan saja sudah ada yang beli untuk dipelihara, namun pastikan bahwa anaka tersebuat sudah berpisah dari indukan, artinya sudah bisa makan sendiri.

Sedangkan untuk daging, panen dapat dilakukan jika berat kelinci sudah mencapai 2 - 3 kg. apabila sudah mencapai bobot tersebut sebaiknyaa segra di panen saja, untuk meminimalisir biaya operasional. 

Demikan tips sukses ternnak kelinci dengan modal 500 rb. Ternak kelinci apabila dijalankan dengan sungguh - sungguh akan menghasilkan yang baik pula. inti dari beternak adalah rasa percaya diri, ulet, pantang menyerah dan teruus belajar. dengan berbekal itu mudah untuk menjalankan ternak kelinci ini..

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4