-->

Cara Membersihkan Kipas Angin dari Debu Paling Mudah

Cara Membersihkan Kipas dari Debu Paling Mudah - Kipas merupakan salah satu alat elektronik yang berfungsi untuk menyegarkan ruangan, saat ini banyak model dari kipas, ada yang duduk, gantung bahkan menempel diding juga ada. Saat ini rata - rata rumah pasti memiliki kipas angin. karena fungsinya yang sangat penting, maka menjaga kebersihan kipas juga sangat dibutuhkan agar kipas dapat bekerja dengan baik. Saat kipas berada di rumah, banyak debu yang menempel di permukaan serta di baling - baling kipas. Karena kipas mengehembuskan udara maka, kebersihan kipas sangatlah penting, agar udara di rumah anda menjadi bersih. Kali ini kita akan membahas cara membersihkan kipas angin dari debu paling mudah .

Berikut ini cara membersihkan kipas angin dari debu:

Cara Membersihkan Kipas Angin dari Debu Paling Mudah
Cara Membersihkan Kipas Angin dari Debu Paling Mudah

1. Siapkan alat
Persiapkan alat yang dibutuhkan untuk membersihkan kipas angin, seperti:
- Obeng
- Lap Bersih
- Vacuum Cleaner ( Jika ada )
- Kemoceng
Setelah semua alat sudah siap lanjut ke proses selanjutnya

2. Pembukaan mur
Gunakan obeng untuk membuka mur yang berada di penutup kipas angin. pastikan ukuran obeng sama dengan ukuran mur yang ada. Sisihkan mur tersebut ke tempat yang aman, tujuannya agar mur tidak hilang nantinya.

Baca Juga: Cara Memasang Hiasan Dinding dengan Kayu Palet

3. Buka Blade Spinner
Setelah mur dan baut sudah terbuka, selanjutnya adalah membuka blade spinner, blade spinner ini adalah untuk penutup baling - baling.

4. Lepaskan Baling - Baling
Dalam melepas baling - baling dengan cara menarik bukan memutar.

5. Membuka Baut di Rear Guard
Setelah baling - baling lepas, selanjutnya adalah membuka baut yang terletak di rear guard, cara membukanya adalah dnegan menggunakan obeng yang sesuai ukurannya.

6. Lepaskan Lock Nut
Lock nut adalah mor pengunci , bahannya terbuat dari plastik, cara membukanya adalah dengan cara memutarnya kearah kiri

7. Bersihkan sangkar bagian depan, sangkar bagian belakang, baling - baling
Cara membersihkannya bisa dengan cara mencuci bagian tersebut dengan sabun cuci, cucilah bagian tersebut seperti mencuci piring atau toples pada umumnya, jika sudah keringkan.

8. Sedot debu yang berada di sela - sela
Biasanya banyak sekali debu yang berada di sela - sela kipas angin, sedot debu tersebut dengan vacuum cleaner, dengan menggunakan alat ini anda dapat dengan mudah menghilangkan debu yang menempel di tempat yang kecil sekalipun.

9. Dalam pembersihan kipas angin ini sebaiknya dikerjakan secara hati - hati, jangan sampai menggangu atau merusak komponen pada mesin kipas angin, jika itu terjadi justru dapat membuat kipas angin anda rusak.
10. Jika semua bagian sudah bersih, selanjutnya adalah  memasangnya kembali sesuai dengan urutan dan posisinya.

Dengan membersihkan kipas secara teratur, maka kipas angin anda jauh dari debu yang mengganggu, perawatan harus sering dilakukan minimal 1 bulan sekali atau jika debu atau kotoran sudah benar - benar menempel di rumah anda. Kipas merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga, yang fungsinya sangat bermanfaat sekali.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan kipas angin dari debu paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips membersihkan kipas angin, bagian- bagian kipas angin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel