Cara Menambal Kayu yang Keropos

Cara Menambal Kayu yang Keropos - Saat ini banyak perabotan yang terbuat dari kayu, lama kelamaan pastinya kayu tersebut mengalami pengereposan. Jika hal ini dibiarkan dapat merusak kayu anda secara keseluruhan, nah sebelum merusak kayu anda sebaiknya cegah hal itu terjadi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menambal kayu yang keropos degan mudah.

Untuk penambalan kayu yang keropos yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan beberapa alat utuk proses penambalan kayu tersebut. Bahan yang perlu anda siapkan merupakan bahan yang mudah dijumpai harganya pun sangat murah:
- Lem Kayu
- Serbuk Gergajian
- Pestisida

Cara Menambal Kayu yang Keropos
Cara Menambal Kayu yang Keropos

Jika semua bahan sudah terkumpul saatnya proses penambalan dimulai:

  • Bersihkan kayu dari berbagai macam kotoran yang menempel, cara membersihkannya bisa dengan cara mengelap kayu tersebut dengan lap yang kering.
  • Setelah kayu bersih selanjutnya memberikan caira pestisida di kayu tersebut, tujuannya adalah supaya rayap tidak lagi datang kembali
  • Siapkan wadah untuk adonan lem kayu dan serbuk gergajian
  • Campurkan Lem kayu, serbuk gergajian dan air, sesuaikan perbadingannya
  • Jika adonan sudah siap, selanjutnya aplikasikan adonan tersebut di kayu yang berlubang tadi, pastikan semua lubang yang ada dapat terpenuhi.
  • Biarkan adonan tersebut kering

 

Baca Juga: Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah

Dengan cara diatas anda sudah dapat menambal kayu yang keropos dengan mudah, yang anda perlu lakukan adalah dengan menyiapkan bahan - bahan yang dibutuhkan. Untuk pembelian lem kayu anda bisa membelinya di toko bangunan, ataupun toko cat. Belilah jenis lem kayu dengan kualitas terbaik agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Untuk pencegahan serangan rayap sebaiknya kayu tersebut di lapisi denghan cat ataupun plitur, karena dengan dilapisi tersebut rayap tidak akan berani menggerogoti kayu anda. Sebaiknya jika anda memiliki mebel yang baru jadi segera lapisi mebel tersebut dengan cairan pestisida supaya mencegah datangnya rayap yang dapat membuat kayu anda keropos.

Jika anda menginginkan kayu anda awet dan tahan terhadap serangan rayap, perawatan secara berkala juga sangat dibutuhkan. perawatan ini dapat berupa mencegah menempelnya debu di kayu, penempatan kayu juga dapat berpengaruh. Lebih baik melakukan pencegahan daripada penanggulangan bukan?

Demikian informasi mengenai cara menambal kayu yang keropos, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara menambal kayu, cara mencegah rayap di kayu.