Cara Mudah Menambal Talang Air yang Bocor dengan Styrofoam

Cara Mudah Menambal Talang Air yang Bocor dengan Styrofoam - Talang merupakan salah satu bagian penting dalam rumah, talang ini berfungsi untuk mengalirkan air di atap rumah. Ketika musim hujan dan talang air anda bocor tentunya dapat menambah permasalahan baru. Talang yang bocor menyebabkan air hujan menetes ke lantai dan dapat juga membuat cat tembok rumah anda cepat mengelupas, Oleh karena itu talang air yang bocor sebaiknya segera di perbaiki. Solusinya adalah dengan cara mengganti talanag air yang bocor tersebut dengan talang yang baru, namun ada alternatif lain yaitu dengan cara menambalnya.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menambal talang air yang bocor dengan mudah. Cara menambal talang air dapat anda lakukan sendiri dirumah, anda dapat menambal talanag yang bocor tersebut dengan stryfoam, lalu bagaimana caranya? Berikut ini langkah - langkah menambal talang air yang bocor dengan styrofoam. Sebelum masuk ke proses penambalan, ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda persiapkan seperti:
- Styrofoam
- Bensin
- Kuas
-Wadah
- Lem

Setelah alat dan bahan sudah siap selanjutnya adalah proses penambalan talang air tersebut:

1. Potong Styrofoam
Biasanya styrofoam ini berukuran besar, anda dapat mendapatkan stryrofoam ini jika anda membeli barang elektronik baru misalkan kulkas, tv dan lainnya.  Potong styrofoam tersebut kecil - kecil sehingga nanti mudah untuk dimasukkan wafah

2. Siapkan Wadah
Wadah ini nantinya berfungsi untuk menaruh adonan stryfoam tersebut. Anda bisa menggunakan wadah berbentuk bulat ataupun kotak, pilihlah wadah yang nyaman agar nanti dalam proses penambalan talang air berjalan lancar.

3. Campurkan Bensin dan Styrofoam
Setelah potongan styrofoam sudah siap, selanjutnya masukkanlah styrofoam tersebut ke dalam wadah kemudian cmpurkan bensi secukupna, aduk adunan tersebut dengan kayu ataupun yang lainnya. Pastikan adunan tersebut mengental.

Cara Mudah Menambal Talang Air yang Bocor dengan Styrofoam
Cara Mudah Menambal Talang Air yang Bocor dengan Styrofoam


4. Tambahkan Lem
Masukkan lem ke dalam wadah adunan tadi, tujuannya agar adunan tersebut dapat menempel dengan kuat di talang yang bocor tadi.

5. Oleskan Adunan
Setekah adunan siap, selanjutnya aplikasikan adunan tersebut pada talang air yang bocor, pastikan adunan tersebut masuk ke dalam pori pori talang agar kebocoran itu akan hilang. Biarkan tambalan itu mengering, diamkan kurang lebih 3 - 5 jam agar tambalan benar - benar kering.

Baca Juga: Cara Memasang Shower yang Benar


6. Pengecekan
Setalah proses penambalan selesai, anda dapat mengecek kebocoran pada talang dengan cara mengalirkan air pada talang yang bocor tadi, apabila sudah tidak terdapat kebocoran berarti proses penambalan kita berhasil.

Penambalan talang ini anda bisa coba sendiri, karena alat dan bahan yang digunakan mudah untuk kita jumpai sehari - hari, jika anda bisa menambal talang air yang bocor sendiri tentunya akan menghemat pengeluaran karena anda tidak perlu lagi untuk membeli talang yang baru. Demikian informasi mengenai cara mudah menambal talang air yang bocor, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengatasi talang air bocor, solusi menambal talang air bocor.