Tips Perawatan Rolling Door

Tips Perawatan Rolling Door - Rolling door merupakan salah satu jenis pintu, yang terbuat dari alumunium, rolling door banyka digunakan untuk pintu garasi mobil, toko serta masih banyak lainnya. mengapa disebut rolling door? karena pintu ini dapat digulung keatas ketika di buka. Untuk harga pintu rolling door sendiri bervaiasi tergantung bahan yang digunakan. Karena pintu rolling door ini merupakan sebuah pintu, maka keberadannya sering digunakan, oleh karena itu perawatan rolling door ini sangat dibutuhkan agar pintu rolloing door yang anda miliki awet dan tidak mudah rusak, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara perawatan pintu rolling door.

Rolling door mempunyai beberapa komponen penting, tanpa komponen ini rolling door tidak akan berjalan dengan semestinya, oeh karena itu pengecekan serta perawatan secara rutin sangat diperlukan, jika salah satu komponen berikut ini rusak maka fungsi rolling door tidak lagi digunakan, yang perlu anda lakukan adalah melakukan penggantian komponen tersebut. 

rolling door
Tips Perawatan Rolling Door

Berikut ini merupakan komponen rolling door yang sangat penting:


1. Pilar Samping
Merupakan tinag yang berada di kanan dan kiri rolling door, fungsi pilar ini merupakan untuk guide rail
2. Pipa As
Besi yang sangat kuat, letaknya berada di dalam box di bagian atas
3. Slat Daun
ini merupakan inti utama dari pintu rolling door, karena dengan adanya slat daun, pintu anda tertutupi.

Baca Juga: Perawatan Goden Supaya Awet


Semua barang memerlukan perawatan begitu juga dengan pintu rolling door ini, karena jika tidak dirawat tentunya dapat berakibat kerusakan, bukankah merawat lebih murah dari pada membuat baru lagi bukan? sebaiknya dalam perawatan rolling door anda konsultasikan terlebih dahulu pembuat pintu tersebut atau toko yang menjualnya, karena merekalah yang sudah berpengalaman serta mengatahui secara detail tentang pintu rolling door, namun berikut ini adalah beberapa tips perawatan rolling door:

Perawatan Rolling Door

  • Saat membuka pintu sebaiknya buka dengan pelan dan hati hati, hal ni dimaksudkan agar bunyi tidak keras dan tidak membuat komponen di rolling door terlepas atau bahkan rusak.
  • Dalam penutupan pintu rolling door, tarik secara perlahan pastikan tidak dalam keadaan miring, karena dengan keadaan tersebut akan merusak komponen rolling door.
  • Pemberian pelumas ini penting agar roda serta komponen lain dapat berjalan dengan lancar, dalam pemberian pelumas minimal 1 bulan sekali.
  • Saat mengunci rolling door, perhatikan posisi kuncinya, apakah sudah pas atau belum.
  • Sebaiknya pembersihan debu atau kotoran lainnya juga sangat penting, supaya warna rolling door anda masih bagus
Dengan memerhatikan beberapa perawatan diatas anda sudah dapat turut berupaya agar roling door anda tetap awet,  perawatan harus dilakukan secara berkala, jika terjadi masalah pada pintu rolling door anda sebaiknya segera konsultasikan dengan tukang service rolling door professional yang anda percayai. 
Demikian informasi mengenai tips perawatan rolling door, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat rolling door, komponen penting rolling door, serta cara memperbaiki rolling door.