Cara Memotong Celana yang Kepanjangan

Cara Memotong Celana yang Kepanjangan - Ketika anda sudah membeli sebuah celan dan ternyata saat digunakan kepanjangan, maka hal ini tentunya membuat anda tidak nyaman untuk memakai celan tersebut, salah satu solusi untuk mengatasi celana yang kepanjang adalah dengan cara melakukan pemotongan.

Teknik Pemotongan dan Penjahitan Celana


Dengan begitu nantinya ukuran celana akan disesuaikan dengan kondisi tubuh kita, kali ini kita akan membahas tentang cara memotong celana yang kepanjangan dengan mudah, tips kali ini sangat cocok untuk anda yang ingin mencari tutorial tentang pemotongan kain serta celana.

Sebelum melakukan pemotongan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut:
- Penggaris
- Alat Ukur Jahit
- Kapur
- Gunting
- Mesin Jahit

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, anda dapat memulai proses pemotongan celana ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Letakkan Celana yang Akan di Potong Pada Media yang Datar
Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menyiapkan celan tersebut dan taruhlah pada bidang yang datar, hal ini nantinya bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses pengukuran serta pemotongan nantinya.

2. Lakukan Pengukuran Badan
Selanjutnya anda dapat melakukan pengukuran badan sipemakai celan tersebut, terutama  bagian kaki. Untuk melakukan pengukuran ini dapat menggunakan bantuan alat ukur yang biasanya digunakan oleh orang jahit.

3. Ukur Celana Sesuai dengan Hasil Pengukuran Badan Sebelumnya
Setalah ukuran didapatkan, maka anda dapat melakukan pengukuran pada celana tersebut. Sesuaikan panjangnya dengan hasil pengukuran tadi.

4. Tandai Area Pemotongan
Untuk memudahkan kita dalam melakukan pemotongan, buatlah tandai pada area pemotongan tersebut caranya adalah dengan merentangkan penggaris diatas celan serta untuk pembuatan garisnya dapat menggunakan kapur, pastikan garis yang dibuat lurus karena garis ini nantinya digunakan sebagai patokan pemotongan.

5. Lakukan Pemotongan
Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, anda dapat memulai proses pemotongan. Untuk proses pemotongan celan ini dapat menggunakan gunting sebagai alatnya. Potonglah pada area yang sudah ditandi sebelumnya, dalam pemotongan ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati dan teliti agar hasil pemotongan rapi.

6. Lakukan Penjahitan
Setelah celan dipotong dan sudah sesuai dengan ukuran yang diinginkan, maka anda harus melakukan penjahitan pada bagian ujung celan tersebut. Caranya adalah dengan melipat bagian bawahnya sekitar 3 cm kemudian jahitlah. Untuk proses penjahitan ini anda dapat menggunakan bantuan mesin jahit supaya hasil penjahitan cepat dan rapi.

Demikian informasi mengenai cara memotong celana yang kepanjangan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara mengatasi celana yang kepanjanga, cara memotong celana, teknik penjahitan celana.