Cara Menggunakan Bambu Untuk Membuat Penutup Selokan

Cara Menggunakan Bambu Untuk Membuat Penutup Selokan - Terkadang selokan di sekitar rumah apabila tidak ditutup bagian atasnya sangatlah membahayakan. Salah satunya adalah masuknya berbagai sampah ke dalam selokan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita dapat membuat penutup selokan dar bambu, kenapa bahan ini dipilih?selain mudah untuk dijumpai,bambu ini juga mudah sekali untuk dibentuk.

Berikut ini beberapa langkah dalam menggunakan bambu sebagai penutup selokan:


1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:
- Pisau
- Bambu
- Paku
- Palu
- Alat Ukur Meteran

2. Pengukuran Panjang dan Lebar Selokan
Selanjutnya kita harus melakukan pengukuran pada selokan tersebut, karena ukuran inilah nantinya kita jadikan pedoman seberapa panjang dan lebarkah penutup selokan tersebut akan dibuat.

3. Pemotongan Bahan
Bambu yang masih utuh haruslah dibelah supaya dapat dijadikan sebagai penutup selokan. Untuk membelah bambu ini anda dapat memanfaatkan alat potong, sedangkan untuk memotong panjangnya gunakanlah gergaji.
 
4. Pembuatan Jari - Jari
Karena penutup selokan ini nantinya membentuk jari - jari atau renggang. Maka dari itu kita harus menjadikan bambu tersebut berukuran kecil. Untuk membuatnya anda dapat menggunakan pisau atau alat lainnya.

5. Perangkaian
Setelah semua bahan sudah siap, anda dapat langsung melakukan perangkaian. Untuk merangkai bambu - bambu ini supaya menjadi penutup selokan anda dapat menggunakan paku. Pastikan paku yang digunakan mempunyai ukuran yang pas, jika tidak maka nantinya dapat membuat bambu tersebut pecah dan tidak dapat digunakan lagi.

Baca Juga:

6. Pemasangan
Setelah penutup selokan terbentuk, langkah terakhir adalah dengan memasangnya diatas selokan. Pastikan posisinya pas sehingga semua lubang selokan apat tertutupi.

Dengan menggunakan penutup selokan ini, selain mencegah masuknya sampah masuk, juga dapat menghindarkan dari terperosoknya ke dalam selokan tersebut. Demikian informasi mengenai cara menggunakan bambu untuk membuat penutup selokan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips membuat penutup lubang selokan, cara agar selokan tidak penuh sampah.