Tips Beternak Ayam Kampung dengan Modal 200 Ribu

Tips Beternak Ayam Kampung dengan Modal 200 Ribu - Usaha beternak tidaklah harus menggunakan modal yang besar, dengan modal kecilpun sudah dapat memulai usaha ternak ini. Salah satu ternak dengan modal yang sedikit adalah ternak ayam kampung.

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang dapat dijadikan berbagai kebutuhan baik diolah menjadi masakan maupun untuk diternak dan dikembang biakan. Beternak ayam ini tergolong mudah sekali serta modal yang dikeluarkan untuk memulainya sangatlah kecil. Jika anda mempunyai uang 200 ribu saja sudah dapat memulai usaha ternak ayam kampung ini.

Kali ini kita akan memberikan penjelasan bagaimana cara beternak ayam kampun dengan modal 200 ribu. Sebelum memulai ternak ayam kampun ini sebaiknya siapkan dulu apa saja yang dibutuhkan nantinya selama proses beternak.

1. Kandang
Untuk memelihara ayam kampung ini kandang yang dibutuhkan tidaklah sama dengan kandang ayam jenis pedaging, petelur dan lain sebagainya. Memelihara ayam kampung ini bisa dengan cara meliarkan secara langsung, atau anda juga dapat membuat kandang dengan cara menyekat ruangan kemudian memasukkan ayam ke dalam ruangan tersebut.

Dengan sistem seperti itu, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kandang ini sangatlah sedikit sekali, bahkan jika anda sudah memiliki semua bahannya hal ini tidak memerlukan modal sama sekali untuk pembuatan kandangnya.

2. Pemilihan Ayam
Ketika anda ingin memulai beternak ayam kampung dengan modal 200 rb, maka sebaiknya belikanlah uang tersebut ayam jenis jantan dan betina yang sudah memasuki masa kawin. Dengan begitu nantinya proses perkembang biakannya akan lebih cepat, karena dari segi usia sudah matang.

Namun dalam proses pemilihan ayam ini sebaiknya dipastikan bahwa ayam yang dipilih merupakan berkualitas baik, agar ketika proses beternak nantinya dapat berkembang biak dengan lancar.

Ayam Kampung
Ayam Kampung


3. Siapkan Pakan
Untuk beternak ayam kampung ini sangatlah mudah sekali, tidak sama dengan jenis ayam lainnya. Untuk pakan ayam kampung ini anda dapat menyiapkan poor atau pakan tambahan sepeti jagung dan lain sebagainya. Bahkan nasi juga bisa dijadikan pakan untuk ayam kampung ini, jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk pakan ayam kampung tersebut.

Baca Juga:

Nah dengan bermodal 200 ribu saja anda sudah dapat memulai ternak ayam kampung, namun dalam melakukan beternak ayam kampung ini diperlukan ketelatenan dan niat yang kuat agar sukses nantinya.

Ternak Ayam Kampung Bermodal 200 Ribu
Ternak Ayam Kampung Bermodal 200 Ribu
 

Demikian informasi mengenai tips beternak ayam kampung dengan modal 200 ribu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara beternak ayam kampung agar sukses, kumpulan tips tentang beternak ayam kampung bagi pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel