-->

Cara Mengecek Telur di dalam Glodok Lovebird

Cara Mengecek Telur di dalam Glodok Lovebird - Saat bertelur merupakan waktu yang dinanti oleh sebagian peternak, karena di waktu inilah nantinya lovebird yang sudah di ternak dapat mengahasilkan anakan, namun belum tentu pasti lovebird yang sudah bertelur dapat menetas dengan baik. Banyak sekali faktor yang menyebabkan telur lovebird tidak dapat menetas salah satunya adalah karena adanya gangguan di lingkungan sekitar yang membuat indukan lovebird tidak berkonsentasi saat proses pengeraman. Penyebab lainnya bisa juga karena proses pengecekan glodok secara berulang - ulang oleh peternak. Keadaan ini dapat menyebabkan lovebird merasa terganggu dan akhirnya terlur tersebut dapat menetas.

Nah oleh karena itu dalam mengecek telur di dalam glodok lovebird ini membutuhkan beberapa teknik agar lovebird tersebut tidak merasa terganggu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda praktekkan langsung:

1. Pilihlah Glodok Kaca
Saat ini banyak sekali model dan jenis glodok ini salah satunya adalah glodok yang menggunakan kaca. Dengan menggunakan glodok ini nantinya memudahkan kita dalam melakukan proses pengecekan terhadapt telur tersebut. Biasanya glodok kaca ini ditempatkan di kandang ternak yang model kotak.

2. Waktu Pengecekan
Agar tidak merasa terganggu, waktu pengecekan ini juga harus diperhatikan. Pastikan waktu yang anda pilih dalam melakukan pengecekan telur di glodok ini tepat. Karena apabila tidak maka dapat menyebabkan lovebird merasa terganggu. Beberapa waktu yang harus dihindari ketika mengecek glodok adalah pada saat:

- Indukan Berada di dalam Glodok
Jangan melakukan pengecekan glodok ketika indukan tersebut berada di dalamnya, karena biasanya indukan yang sedang bertelur, mengeram dan sudah menetas jauh lebih agresif. Apalagi ketika glodoknya dibuka. 

- Indukan Sedang Proses Mengeluarkan Telur
Jangan sampai anda membuka glodok ketika indukan sedang mengeluarkan telurnya, biasanya tanda indukan mau bertelur adalah bisa dilihat dari ciri fisiknya. Ketika indukan bertelur maka akan lama sekali berada di glodok tersebut. Nah jika seperti ini sebaiknya anda mencari waktu lain untuk melakukan pengecekan glodok tersebut.

Baca Juga:

- Indukan Sedang Kawin
Proses indukan kawin sebaiknya tidak boleh diganggu, oleh karena itu ketika indukan lovebird sedang kawin maka jangan sampai anda dapat menimbulkan hal - hal yang dapat menyebabkan lovebird tersebut merasa terganggu, salah satunya pengecekan glodok ini. Carilah waktu lain untuk melakukan pengecekan glodok agar proses kawin tersebut dapat berlangsung dengan lancar.

Itu merupakan beberapa tips untuk mengecek telur yang berada di dalam glodok, anda dapat menerapakannya agar proses beternak lovebird dapat berjalan dengan baik dan dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Cara Mengecek Telur di dalam Glodok Lovebird
Cara Mengecek Telur di dalam Glodok Lovebird


Demikian informasi mengenai cara pengecekan telur lovebird yang baik, diharapkan dapat menambah wawasan anda tentang tips beternak lovebird bagi pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel