-->

Cara Membetulkan Lampu Senter yang Rusak

Cara Membetulkan Lampu Senter yang Rusak - Jenis lampu banyak sekali, salah satunya adalah lampu senter ini, lampu ini sangat bermanfaat sekali ketika terjadi pemadaman lampu, anda dapat menyalakan lampu tersebut sebagai penerangan sementara. Saat ini terdapat banyak model dan bentuk lampu senter, masing - masing mempunyai keunggulan tersendiri, Ada yang memberikan fasilitas cas pada senter dan masih banyak lagi yang lainnya. Ketika lampu senter tersebut rusak apa yang anda harus lakukan? Membuang dan menggantinya dengan yang baru atau dapat diperbaiki? Kali ini kita akan membahas tentang cara membetulkan lampu senter yang rusak.

Jika lampu senter anda rusak maka yang perlu anda lakukan adalah melaukukan pengecekan pada lampu senter tersebut, berikut ini adalah langkah - langkah cara memperbaiki lampu senter yang rusak:

1. Pengecekan Baterai
Jika lampu senter anda masih menggunakan baterai, maka langkah pertama dalam memperbaiki lampu senter ini adalah dengan cara pengecekan pada baterai tersebut, anda dapat mengambil baterai yang sudah anda pasang di senter sebelumnya, lalu anda coba pasang di alat yang lain, Jika memang bisa, maka tidak terdapat masalah pada baterai tersebut, namun jika baterai tersebut tidak bisa digunakan di alat yang lain anda dapat menggantinya dengan yang baru.
Apabila sudah menggunkan baterai yang baru namun masih tidak mau menyala anda harus memeriksa bagian lainnya.

2.  Pegecekan Lampu
Langkah selanjutnya adalah penegcekan pada bagian lampu, lepas lampu tersebut kemudian coba pasang di alat yang berbeda, jika ternyata tidak mau menyala, anda dapat menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata dapat menyala dengan baik, maka tyerdapat kerusakan pada komponen elektronika pada lampu senter tersebut.

3. Pengecekan Komponen
Langkah ini anda lakukan jika kedua langkah diatas sudah selesai dilaksanakan, langkah - langkah pengecekan komponen ini adalah sebagai berikut:
- Buka Casing Lampu Senter tersebut
- Keluarkan komponen eletronika pada lampu senter tersebut, cek satu persatu apa ada yang rusak atau gosong.
- Sebaiknya dalam  proses ini dilakukan secara hati - hati dan teliti, karena dengan kesalahan sedikitpun akan menyebabkan komponen tersebut justru rusak

Baca Juga:

- Setalah memastikan bahwa bagian tersebut benar - benar rusak,cobalah menggantinya dengan yang baru.
- Lakukan penyolderan pada bagian komponen tersebut.
- Setelah dilakukan penggantian komponen langkah terakhir adalah dengan menyoba menghidupkan lampu senter tersebut.

Cara Membetulkan Lampu Senter yang Rusak
Cara Membetulkan Lampu Senter yang Rusak
Untuk membetulkan lampu senter butuh tekniknya sendiri, apabila anda tidak mempunyai keahlian tersebut anda dapat menyerahkannya ke teknisi elektronik. Demikian informasi mengenai cara membetulkan lampu senter yang rusak, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memperbaiki lampu senter, solusi lampu senter tidak nyala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel