-->

Cara Merawat Solder Agar Awet

Cara Merawat Solder Agar Awet - Solder merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki peralatan elektronik, Solder ini biasanya digunakan untuk memperbaiki televisi, radio dan lain sebagainya, saat ini model soldr bermacam - macam, harga dari solder tersebut juga bervariasi. Begitu pentingnya solder tersebut maka perawatan solder tersebut afgar awet sangat diperlukan. Bagi anda yang ingin mencari tentang cara merawat solder agar awet ini ada informasinya.

Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat solder agar awet, ketika solder tersebut awet maka biaya pengeluaran akan semakin sedikit. Namun sebelum masuk ke proses perawatan solder mari kita mnegenal dulu permasalahn yang biasanya terdapat pada solder antara lain sebagai berikut:
- Timah tidak mau menempel
- Panas tidak merata
- Ujung solder menghitam

Jika sudah mentgetahu permasalahan yang sering terjadi pada solder sekarang lanjut ke cara perawatan solder tersebut agar awet, dalam merawat solder ini sebenarnya mudah sekali, anda bisa melakukannya sendiri dirumah, berikut ini beberapa cara merawat solder agar awet:
  • Tips Pembersihan
Dalam membersihkan mata solder sebaiknya diperhatikan , jangan gunakan benda keras untuk membersihkan solder tersebut, seperti gunting dan lain sebagainya, jika hal itu anda lakukan dapat membuat mata solder tersebut cepat habis
  • Penggunaan yang Benar
Fungsi solder yaitu untuk memperbaiki alat elektronik, maka dari itu penggunaan sesuai dentgan fungsinya sangat dianjurkan, jangan gunakan solder untuk melubangi plastik karena itu bukan fungsi utamanya, jika hal itu anda lakukan akan menyebabkan mata solder tersebut menjadi tertutupi plastik, jika plastik sudah menempel pada mata solder akan menyebabkan panas yang tidak merata.

Baca Juga:

  • Hindari Penggunaan Solder untuk Mencongkel
Kebiasaan orang, solder digunkan untuk alat mencongkel, hal itu perlu anda hindari agar solder yang anda miliki bertahan awet, anda bisa menggunakan alat lain untuk proses pencongkelan ini misalnya menggunakan cuter. 
Cara Merawat Solder Agar Awet
Cara Merawat Solder Agar Awet
  • Bersihkan Solder dengan Pasta Solder
Untuk membersihkan solder ada bahan tersendiri, anda bisa membelinya di tioko elektronik, sebelum membeli sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu tentang pasta solder mana yang memiliki kualitas terbaik, agar nantinya dalam proses pembersihan mendapat hasil yang maksimal.

Dengan merawat solder dengan baik dan benar akan membuat solder anda menjadi awet, diatas merupakan beberapa cara perawatan yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah, demikian informasi mengenai cara merawat solder agar awet, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perawatan solder agar awet, cara membersihkan solder, pasta solder.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel