-->

Cara Mengatasi Pipa Bocor dalam Tembok

Cara Mengatasi Pipa Bocor dalam Tembok - Pipa merupakan salah satu bahan meterial bangunan yang banyak digunakan di dalam sebuah rumah, salah satunya adalah untuk saluran air. Cara pemasangan pipa juga beraneka ragam, salah satunya adalah di pasang di dalam tembok, ketika anda memasang pipa tersebut di dalam tembok, terdapat permasalahan. Salah satunya adalah sulitnya memperbaiki pipa tersebut, jika anda sedang mencari informasi mengenai cara mengatasi pipa bocor dalam tembok, berikut ini informasinya.

Kali ini kita akan memabahas tentang tips mengatasi pipa bocor yang berada di dalam tembok. Apabila anda ingin memperbaiki pipa tersebut, anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:

1. Cek Sumber Kebocoran
Pertama - tama yang harus anda lakukan adalah dengan mengetahui letak kebocoran pipa tersebut, jika pipa tersebut diletakkan di dalam tembok. Maka untuk mengetahui kebocorannya mudah sekali yaitu dengan cara mencari letak rembesan air, maka disitulah letak kebocoran pipa tersebut.

2. Penggalian
Setelah sumber kebocoran sudah diketahui, selanjutnya adalah mengeluarkan pipa tersebut dari dalam tembok. Karena pipa tersebut berada di dalam tembok, maka untuk mengeluarkannya harus menggunakan alat khusus yang dapat membuka permukaan tembok tersebut.

3. Pengecekan Kondisi Pipa
Jika pipa tersebut sudah dapat anda keluarkan, selanjutnya adalah melakukan pengecekan pipa, Fungsi dari pengecekan ini adalah untuk memastikan apakah pipa tersebut masih bisa dipakai atau harus diganti.

4. Proses Perbaikan
Terdapat 2 jenis perbaikan pipa, yaitu dengan cara penggantian pipa, dan menambal pipa yang bocor. Berikut ini adalah masing - masing penjelasannya.

-  Penggantian Pipa
Jika pipa tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi, gantilah dengan pipa yang baru. ukur panjang pipa yang dibutuhkan, pastikan ukuran pipa yang baru sama dengan pipa yang lama. Untuk penggantian pipa ini sebaiknya di mulai dari bagian sambungan, agar memudahkan kita dalam pemasangan nantinya.

- Menambal Pipa yang Bocor
Cara selanjutnya adalah menambal pipa yang bocor, cara ini dilakukan apabila pipa tersebut masih dalam kondisi baik, dan dipastikan dapat diperbaiki hanya dengan proses penambalan saja, untuk tutorial cara menambal pipa yang bocor sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

5. Kembalian Tembok Seperti Semula
Jika proses perbaikan pipa bocor di dalam tembok sudah selesai, kembalikan tembok seperti sedia kala. gunakan adukan, semen dan pasir untuk memperbaiki tembok tersebut. 

Baca Juga:

Untuk mengatasi pipa bocor dalam tembok, caranya hampir sama dengan perbaikan pipa bocor lainnya, namun karena lokasi pipa tersebut berada di dalam tembok, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Cara Mengatasi Pipa Bocor dalam Tembok
Cara Mengatasi Pipa Bocor dalam Tembok
Demikian informasi mengenai cara mengatasi pipa bocor dalam tembok, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memperbaiki pipa yang bocor, perbaikan pipa bocor di dalam tembok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel