-->

Cara Membuat Celengan dari Pipa Paralon

Cara Membuat Celengan dari Pipa Paralon - Celengan merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menabung di rumah. Saat ini jenis celngan banyak tersedia di pasaran, mulai dari bahan plastik, kaleng dan lain sebagainya. Namun salah satu bahan yang dapat anda jadikan untuk membuat celengan ini adalah pipa paralon. Lalu bagaimana caranya?

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat celengan dari pipa paralon, banyak sekali keuntungan dalam menggunakan pipa paralon menjadi celengan seperti harga terjangkau, pembuatan mudah, ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tahapan dalam pembuatan celengan dari pipa paralon ini ada berbagai macam seperti persiapan alat dan bahan, pembuatan konsep, proses perakitan dan finishing. 

Berikut ini penjelasan dari masing - masing tahapannya:

1. Persiapan alat dan bahan
Untuk membuat celengan dari pipa paralon ini membutuhkan beberapa alat dan bahan seperti:
- Gergaji
- Alat ukur meteran
- Spidol
- Cat
- Kuas
- Tutup Paralon

2. Pembuatan konsep
Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembuatan konsep celengan ini. Untuk membuat konsep ini disesuaikan dengan kebutuhan baik dari segi ukuran serta desain.

3. Pengukuran dan Pemotongan Bahan
Jika konsep selesai dibuat, maka anda dapat langsung melakukan pengukuran. Hal ini perlu dilakukan sebelum proses pemotongan dilakukan, untuk cara memotong pipa paralon ini sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, jadi anda dapat mengikuti tutorial yang ada.

4. Perangkaian Bahan
Setelah bahan sudah siap, maka anda dapat langsung melakukan perangkaian. Adapun cara merangkai pipa paralon menjadi celengan adalah dengan menutup bagian atas dan bawah paralon tersebut. Adapun alat yang digunakan untuk menutup pralon itu sendiri adalah penutup paralon yang biasa digunakan. Anda dapat mendapatkannya di toko bagunan terdekat, sesuaikan tutup paralon ini dengan ukuran paralon yang anda gunakan untuk membuat celengan ini.

5. Pemberian Lubang
Agar dapat difungsikan sebagai celengan, maka anda harus membuat lubang pada bagian atas penutup paralon tersebut. Adapun untuk membuat lubang ini anda dapat menggunakan mesin bor atau yang lainnya. Untuk ukuran lubangnya harus pas, artinya tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu sempit, karena jika luibangnya terlalu lebar maka justru uang yang terdapat di dalam celengan itu muah keluar, sedangkan apabila lubangnya terlalu sempit maka tentunya menyulitkan kita untuk memasukkan uang ke dalam celengan.

6. Proses Finishing
Jika semua tahapan diatas sudah selesai dilakukan, sebenarnya celengan ini sudah dapat difungsikan. Namun agar membuatnya lebih menarik lagi, anda dapat mengaplikasikan cat pada permukaan celengan tersebut. Pada bagian ini anda dapat mengasah kreativitas tentang tema yang ingin anda munculkan pada celengan tersebut.

Baca Juga:

 Salah satu cara agar kita rajin menabung adalah dengan menyukai celengan tersebut, salah satu jenis yang dapat anda coba adalah celengan dari pipa paralon ini. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah karena alat dan bahan yang dibutuhkan mudah untuk didaptkan.

Demikian informasi mengenai cara membuat celengan dari pipa paralon, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial pembuatan celengan, tips membuat celengan dari pipa paralon, kreasi dari pipa paralon yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel