-->

Cara Menambal Bola dengan Alat Sederhana dan Murah

Cara Menambal Bola dengan Alat Sederhana dan Murah - Bola merupakan salah satu alat olahraga yang sering dimainkan. Jenis bola ini ada berbagai macam seperti bola volly, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing - masing jenis bola tentunya memiliki bentuk dan kegunaan tersendiri. Kali ini kita akan membahas tentang cara menambal bola dengan alat sederhana.

Tips Mudah Menambal Bola yang Bocor


Terkadang saat kita mau memainkan bola tersebut tapi ternyata bolanya kempes, hal ini tentunya membuat kesal. Banyak sekali faktor yang menyebabkan bola tersebut kempes seperti terjadi kebocoran, kurang angin atau bisa juga karena kualitas bola tersebut yang kuran bagus. Nah pada tips kali ini kita akan memberikan informasi tentang tips menambal bola, pada tutorial kali ini bola yang dimaksud adalah bola volly.

Seperti penambalan bola lainnya, untuk menambal bola volly ini juga membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain sebagai berikut:
- Dop Bola
- Suntikan ( Biasanya digunakan untuk pengisian tinta printer )
- Pisau atau Cutter
- Pompa Ban
- Bola yang Akan di Tambal
- Lem

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses penambalan bola ini. Untuk caranya anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Lakukan Pengecekan Kebocoran
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada area kebocoran. Hal ini penting dilakukan agar kita mengetahui jumlah kebocoran pada bola tersebut serta letak kebocorannya, sehingga ketika proses penambalan akan mudah serta tidak salah tempat. Untuk melakukan pengecakan ini ada berbagai cara antara lain:
- Menggunakan Air
Untuk mengecek kebocoran dengan menggunakan air tekniknya adalah dengan menyiapkan wadah yang sudah berisi air, kemudian bola yang bocor tersebut di masukkan ke dalam wadah. Sebelumnya bola harus di isi angin terlebih dahulu, jika muncul gelembung di dalam air, maka dipastikan area munculnya gelembung itulah letak kebocoran. Tandai area tersebut dengan menggunakan spidol atau alat lainnya.

- Merasakan Secara Langsung
Pengecekan kebocoran bola selanjutnya yaitu dengan merasakan secara langsung, yaitu dengan memompa bola sampai keras kemudian cek perbagian, jika terasa ada udara yang keluar dari bola maka dipastikan area tersebut merupakan letak kebocoran.

2. Proses Penambalan
Jika proses pengecekan sudah dilakukan, maka anda dapat langsung memulai proses inti dari penambalan bola. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:

- Masukkan suntikan ke area kebocoran
- Jika sudah, kemudian berikan lem yang sudah disiapkan sebelumnya melalui suntika tersebut.
- Tutup area yang sudah diberikan lem tersebut dengan lakban
- Diamkan beberapa hari, hingga lem yang ada di dalam bola kering sempurna

Bola
Bola


Untuk menambal bola ini banyak sekali caranya, masing - masing cara mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Pilihlah teknik menambal bola yang anda kuasai agar proses penambalan dapat berjalan dengan baik dan dengan hasil yang maksimal. Demikian informasi mengenai cara menambal bola dengan  alat sederahana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan bola yang bocor, cara mengatasi bola yang bocor dengan biaya yang murah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel