-->

Cara Menghilangkan Kusam di Mebel Kayu Jati

Cara Menghilangkan Kusam di Mebel Kayu Jati - Saat ini furnture banyak sekali menggunakan kayu jati. Namun jika furniture anda sudah lama dan tidak dilakukan perawatan maka akan timbul warna kusam pada mebel tersebut, lalu bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan kusam di mebel kayu jati.

Penyebab warna kusam di mebel ini ada banyak sekali seperti:
- Debu
Debu yang sangat banyak dan lama menempel di mebel akan membuat warna kusam.
- Cuaca
Faktor selanjutnya yang membuat warna kusam pada mebel adalah cuaca, dengan cuaca yang tidak sesuai dengan kondisi mebel maka akan membuat perubahan warna pada mebel tersebut.
- Peletakan yang Salah
Warna kusam pada mebel ini juga dapat disebabkan oleh peletakan yang salah, misalnya anda meletakkan mebel tersebut di dekat tempat yang basah atau tempat yang begitu panas.

Setelah mengetahui cara penyebab warna kusam pada mebel, selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan warna kusam pada mebel. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mebel yang kusam.

1. Siapkan Alat dan Bahan
Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan warna kusam di mebel adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:
- Bungkus Teh Celup Bekas Berjumlah 10
- Air Mendidih
- Saringan
- Kuas
- Kain Lap

2. Proses Penyiapan Bahan
Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka anda dapat memulai proses selanjutnya yaitu penyiapan bahan yang nanitnya digunakan untuk menghilangkan warna kusam di mebel. Berikut ini merupakan beberapa langkah - langkahnya:
- Keluarkan Bungkus Teh Celup
Teh celup yang anda gunakan bisa berupa teh bekas. Untuk jumlahnya adalah sebanyak 10 bungkus atau lebih hal ini disesuaikan dengan kondisi mebel yang akan dibersihkan.

- Siapkan Air Mendidih
Selanjutnya siapkan air mendidih sebanyak 1 liter. Kemudian tuangkan pada wadah khusus yang nantinya akan digunakan untuk proses pencampuran air dan teh celup.

- Masukkan Teh Celup ke dalam Wadah yang Sudah Berisi Air Mendidih
Jika air dan wadah sudah siap, anda tinggal memasukkan teh celup tersebut ke dalam wadah.

- Diamkan Hingga Teh dan Air Bercampur
Pastikan teh dan air yang ada telah bercampur, sebelum anda melanjutkan proses berikutnya.

- Lakukan Penyaringan
Untuk proses penyaringan ini bertujuan untuk membersihkan teh yang terdapat di dalam air rendaman tersebut, adapun alat yang dapat anda gunakan untuk menyaring teh bisa berupa saringan yang biasa digunakan untuk membuat jus buah.

3. Proses Pembersihan
Jika semua proses diatas sudah selesai dilakukan, maka selanjutnya anda dapat menggunakan bahan yang sudah dibuat sebelumnya untuk menghilangkan warna kusam di mebel. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

- Tentukan Area Mana Saja yang Akan di Bersihkan
Langkah pertama yaitu dengan menentukan area mana saja yang akan dilakukan pembersihan. 

- Aplikasikan Bahan yang Sudah dibuat Sebelumnya
Selanjutnya anda dapat mengaplikasikan bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Dalam proses ini anda dapat menggunakan bantuan kuas. Pastikan semua bagian yang kusam sudah diberi bahan seacar merata.

Baca Juga:

- Lap dengan Kain yang Bersih
Langkah terakhir adalah dengan mengelapnya dengan kain yang bersih.Pastikan semua area yang dibersihkan sudah tidak kusam lagi.

Jadi, apabila mebel anda kusam ikutilah tips diatas untuk menghilangkan kusam di mebel kayu jati, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengatasi mebel yang kusam, cara merawat mebel agar tidak kusam, penyebab warna kusam di mebel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel