-->

Beberapa Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti yang Perlu Anda Ketahui

Kayu meranti merupakan salah satu jenis kayu yang populer, kayu ini digunakan untuk pembuatan berbagai macam konstruksi rumah maupun sebagai bahan mebel. Ciri umu kayu meranti ini adalah mempunyai bobot yang ringan sangat berbeda dengan jenis kayu jati atau yang lainnya.

Untuk warna kayu ini mempunyai warna yang merah mudah pucat bahkan ada yang sampai merah tua kecoklatan. Sama seperti dengan kayu lainnya, untuk membedakan usianya bisa dilihat dari warna kayu itu sendiri. Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu kayu meranti, selanjutnya adalah apa saja sih kelebihan kayu tersebut dibadingkan dengan jenis kayu lainnya. Baca Juga: Cara Menambal Kayu yang Keropos

Kelebihan Kayu Meranti dibanding dengan Jenis Kayu Lain


1. Awet

Kayu jenis ini termasuk awet, karena kayu ini mampu taha hingga 10 - 15 tahun, namun itu juga tergantung dengan cara penggunaan. Maka dari itu banyak sekali jenis kayu ini digunakan untuk berbagai furniture.

2. Pengeringan Mudah

Proses pengeringan merupakan salah satu proses yang harus dilakukan sebelum kayu tersebut diolah dan dijadikan berbagai macam furniture atau yang lainnya. Proses pengeringan kayu meranti juga termasuk cepat dan mudah, untuk mengeringkannya anda cukup menggunakan bantuan sinar matahari saja sudah cukup. Baca Juga: Cara Merawat Rumah dari Kayu

3. Mempunyai Struktur yang Keras

Kayu yang keras itu penting untuk membuat furniture atau yang lainnya, karena dengan kayu yang keras ini tidak mudah mengalami pemuaian atau penyusutan. Dengan begitu furniture yang anda buat pastinya lebih awet.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan kayu meranti, selanjutnya adalah apa saja sih yang dapat dibuat dari bahan kayu meranti ini?

Kegunaan Kayu Meranti Sehari - hari


Berikut ini adalah kegunaan kayu meranti, antara lain sebagai berikut:

1. Furniture

Kayu meranti sangat cocok untuk digunakan untuk membuat berbagai macam furniture seperti meja, kursi, almari dan lain sebagainya. Penggunaan kayu ini mempuyai alasan karena kayu ini memiliki beberapa keunggulan sehingga ketika dijadikan furniture pastinya lebih awet.

2. Pintu, Jendela dan Atap

Kayu meranti ini juga dapat dijadikan untuk membuat pintu, jendela dan atap. Sehingga ini bisa jadi alternatif yang dapat dijadikan pilihan selain kayu jati. Baca Juga: Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah

Beberapa Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti yang Perlu Anda Ketahui
Beberapa Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti yang Perlu Anda Ketahui
 

Tentunya masih banyak lagi kegunaan kayu ini, dikarena kayu ini juga mudah dibentuk. Itulah beberapa manfaat dan kelebihan kayu meranti, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang apa itu kayu meranti dan cara menggunakannya untuk membuat furniture.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel