-->

Tips Usaha Ikan Kutuk di dalam Drum

Tips Usaha Ikan Kutuk di dalam Drum - Ikan kutuk atau sering juga disebut ikan gabus, merupakan ikan air tawar yang hidup dan berkembang biak di air rawa, sunagi dan persawahan. Ikan ini hanya ada ketika musim hujan saja, ketika musim kemaru akan sangat sulit untuk menemukannya. 

Dengan memanfaatkan peluang inilah kebanykan orang memanfaatkan untuk membudidayakan ikan kutuk ini. karena harga yang sangat tinggi serta penikmatnya yang banyka maka banyak orang beralih profesi menjadi peternak ikan kutuk. Cara usaha ikan kutuk ini sangatlah sederhana yang anda butuhkan adalah kemauan dan tekun.

Berikut ini beberapa tips usaha ikan kutuk :

cara beternak ikan gabus di dalam drum
cara beternak ikan gabus di dalam drum

1. Buatlah kolam dari Drum
Untuk beternak ikan kutuk ini kita dapat menggunakan drum, caranya adalah dengan mengisi drum tersebut dengan air. Pastikan air di dalam drum tersebut tidak terlalu tinggi karena untuk menghindari ikan gabus itu untuk meloncat keluar dari drum.

2.  Pilih Indukan Ikan Kutuk
Setalah periapan kolam selesai, selanjutnya adalah memilih indukan yang bekuaitas bagus. adapun tanda bahwa indukan itu bagus yaitu dengan memiliki ukuran badan yang besar serta panjang serta warna sisiknya lebih gelap. Indukan yang suah siap dipakai untuk pemijahan adalah yang sudah berumur kurang lebih 1 tahun.

3. Pemijahan Ikan Kutuk
Masukkan indukan ikan kutuk ke dalam kolam , kasih eceng gondok di dalama kolam, tujuannya untuk mengurangi cahaya matahri yang masuk ke kolam.

Baca Juga:

 4. Pemeliharaan Ikan Kutuk
Setalah proses pemijahan berhasil, dan telur sudah mentas, maka selanjutnya adalah memisahka indukan dan anakan ke kolam yang berbeda, sesuaikan ukuran kolam serta kondisin air untuk menaruh anakan. 

Demikian Tips usaha ikan kutuk , semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari ide bisnis di tahun 2017 ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel