Tips Usaha Ikan Kutuk

Tips Usaha Ikan Kutuk - Ikan kutuk atau sering juga disebut ikan gabus, merupakan ikan air tawar yang hidup dan berkembang biak di air rawa, sunagi dan persawahan. Ikan ini hanya ada ketika musim hujan saja, ketika musim kemaru akan sangat sulit untuk menemukannya. 

Dengan memanfaatkan peluang inilah kebanykan orang memanfaatkan untuk membudidayakan ikan kutuk ini. karena harga yang sangat tinggi serta penikmatnya yang banyka maka banyak orang beralih profesi menjadi peternak ikan kutuk. Cara usaha ikan kutuk ini sangatlah sederhana yang anda butuhkan adalah kemauan dan tekun.
Berikut ini beberapa tips usaha ikan kutuk :

1. Buatlah kolam

Buatlah kolam dari terpal. sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah bibit ikan, pilih lokasi kolam yang teduh agar air yang ada di dalam terpal tidak panas. setalh kolam dibuat, isi kolam tersebut dengan air dumur. jangan terlalu penuh mengisi airnya karena mencegah untuk ikan melompat keluar dari kolam.

2.  Pilih Indukan Ikan Kutuk

Setalah periapan kolam selesai, selanjutnya adalah memilih indukan yang bekuaitas bagus. adapun tanda bahwa indukan itu bagus yaitu dengan memiliki ukuran badan yang besar serta panjang serta warna sisiknya lebih gelap. Indukan yang suah siap dipakai untuk pemijahan adalah yang sudah berumur kurang lebih 1 tahun.

3. Pemijahan Ikan Kutuk

Masukkan indukan ikan kutuk ke dalam kolam , kasih eceng gondok di dalama kolam, tujuannya untuk mengurangi cahaya matahri yang masuk ke kolam. 

 4. Pemeliharaan Ikan Kutuk
Setalah proses pemijahan berhasil, dan telur sudah mentas, maka selanjutnya adalah memisahka indukan dan anakan ke kolam yang berbeda, sesuaikan ukuran kolam serta kondisin air untuk menaruh anakan. 

Demikian Tips usaha ikan kutuk , semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari ide bisnis di tahun 2017 ini.